image_pdf

Jumat, 1 Maret 2024, Program Studi Ilmu Komunikasi, Universitas Negeri Malang (UM), menyelenggarakan Sosialisasi Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) Semester Gasal 2024/2025. Berlangsung di Aula Ki Hajar Dewantara Gedung A6 Fakultas Ilmu Sosial. Dihadiri oleh seluruh mahasiswa S-1 Ilmu Komunikasi angkatan 2022, menjadi angkatan pertama yang akan melangkah dalam persiapan mengikuti program MBKM. Dengan tujuan memberikan kesempatan bagi mahasiswa Ilmu Komunikasi untuk belajar sesuai dengan minat, serta memberikan akses interaksi dengan masyarakat dan dunia industri. 

Sebagai salah satu Program Studi termuda di UM, berkomitmen untuk terus mengembangkan upaya pemberian edukasi dan akses terhadap program pengembangan seperti Mendikbud Revolusi Literasi dan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM). Melalui kolaborasi dengan berbagai pihak dan stakeholder, Hal ini menjadi  beragam inisiatif yang mendukung pelaksanaan MBKM, termasuk peningkatan kurikulum berbasis keterampilan, pengenalan praktek kerja lapangan, serta peningkatan kualitas pembelajaran daring. Dengan memanfaatkan teknologi dan inovasi dalam metode pengajaran, sebagai upaya memastikan bahwa setiap mahasiswa mendapatkan akses yang sebanding dan peluang yang merata dalam mengikuti program pengembangan yang mendukung kemajuan mereka di dunia akademis dan profesional. 

Kepala Program Studi Ilmu Komunikasi, Anandha Dwita, menyampaikan bahwa,” Program sosialisasi ini dilaksanakan sebagai bentuk pemberian gambaran mahasiswa Ilmu Komunikasi angkatan 2022 yang angkatan pertama, tentu belum memiliki pengalam dalam program MBKM, dan menjadi angkatan pertama. Juga menindak lanjuti surat edaran dari Wakil Rektor tentang mahasiswa S-1 harus mengikuti kegiatan MBKM dua kali. Sehingga dilimpahkan ke program studi masing-masing untuk ditindaklanjuti salah satunya melalui kegiatan sosialisasi.”

Namun yang menjadi tantangan pada tahun ini terkait dengan peralihan pemerintahan sebelumnya ke pemerintahan baru, tentu akan ada probabilitas terkait program MBKM ini. Dari Program Studi Ilmu Komunikasi akan siap bergerak secara adaptif menyesuaikan dengan tetap melaksanakan kebijakan yang berlaku sekarang. 

Yuventia Prisca, dosen Ilmu Komunikasi, juga menjelaskan bahwa, “Tips sebelum untuk mengikuti program MBKM ada yang harus diperhatikan. Satu, sesuaikan dengan bidang Ilmu Komunikasi, selanjutnya kenali minat diri dan kemampuan dan yang terakhir komunikasi dengan mitra.” 

Tiga Tips yang sudah dijelaskan harus diperhatikan, bidang keilmuan seperti Industri Media, dan Lembaga Kehumasan. Dari kegiatan sosialisasi yang sudah diselenggarakan, tentu memberikan pemahaman dan persiapan bagi mahasiswa Ilmu Komunikasi untuk mempersiapkan program MBKM yang akan dilakukan di semester mendatang. Selain memberikan edukasi melalui sosialisasi, kegiatan ini menjadi bentuk mentoring dan support dari dosen-dosen Ilmu Komunikasi untuk didorong mengidentifikasi tujuan karir dan merencanakan perencanaan pembelajaran sesuai dengan aspirasi mahasiswa. Diharapkan dari upaya ini menjadi langkah prima Program Studi Ilmu Komunikasi UM dapat memberikan pembentukan track record lulusan terbaik baik secara akademik maupun dalam ranah profesional 

Pewarta: Afgian Gala Mahiya Ikhsan – Internship Humas UM

Editor: Muhammad Salmanudin Hafizh Shobirin – Humas UM