image_pdf
Kepala Pusat Media dan Sumber Belajar LPPP, Dr. Juharyanto, M.M, M.Pd. menyapaikan esensi Workshop Sipejar

Sipejar (Sistem Pengelolaan Pembelajaran) merupakan platform pembelajaran daring bagi Sivitas UM (Universitas Negeri Malang). Guna memberikan layanan yang maksimal, melalui LPPP (Lembaga Pengembangan Pendidikan dan Pembelajaran) UM, Rabu (07/06),  diadakan Workshop Sipejar dengan tema “Desain Pembelajaran Berbasis Dronagogy”.

Kegiatan dilaksanakan secara luring di Gedung A21 Lantai 9, dengan pemateri, Ketua Program Studi Pendidikan Kimia Program Magister dan Program Doktor Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Dr. Munzil, M.Si., dan Ketua Departemen Teknologi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan, Dr. Henry Praherdiono, S.Si., M.Pd.

Ketua panita workshop, Dr. Juharyanto, M.M, M.Pd., menjelaskan terkait produk yang akan dihasilkan melalui workshop Sipejar ini.

“Pada hari ini kita bisa menimba ilmu terkait desain pembelajaran. Kali ini yang kita tampilkan adalah desain pembelajaran berbasis dronagogy. Workshop kali ini produk yang akan kita hasilkan adalah program yang bisa bergerak dan menggerakkan mahasiswa mendapat banyak informasi. Dalam konteks ini, pergerakan mahasiswa jangan dibiarkan secara liar, tetapi juga ada kontrol,” tutur Kepala Pusat Media dan Sumber Belajar LPPP ini.

Selan itu, Dr. Juharyanto juga menegaskan terkait titik fokus Sipejar yang bukan hanya pada research, melainkan juga pada bentuk integrasi aktivitas belajar mahasiswa.

“Kita semua tahu bahwa sipejar tidak hanya fokus pada research. Kita akan menekankan bagaimana sipejar juga merupakan integrasi dari aktivitas belajar yang kita lakukan baik daring maupun luring” sambungnya.

Selanjutnya, Ketua LPPP UM, Prof. Hardika, M.Pd., menyampaikan penttinganya memanfaatkan media pembelajaran virtual.

“Pemanfaatan dan penggunaan media Sipejar harus kita semarakkan. Pembelajaran virtual itu berkembang luar biasa. Kita masih ngat saat di era Covid-19 yang meningkat waktu itu, semua lembaga pendidikan mengakomodasi semua platform pembelajaran daring. Oleh karena itu, adanya workshop ini sebagai sosialisasi untuk pemaksimalan fitur-fitur Sipejar agar dimanfaatkan sebagaimana mestinya baik oleh dosen maupun mahasiswa. Sehingga pembelajaran daring akan selalu ada baik saat pandemi maupun non pandemi,” ujarnya.

Ketua Departemen Teknologi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan, Dr. Henry Praherdiono, S.Si., M.Pd menyampaikan materi dalam Workshop Sipejar, Rabu, 7/6.

Materi pertama Workshop Sipejar disampaikan oleh Dr. Munzil, M.Si., membahas desain pembelajaran berbasis drone (Dronagogy) sekaligus optimalisasi pemanfaatan fitur-fitur yang ada di Sipejar. Selanjutnya, Dr. Henry Praherdiono, S.Si., M.Pd., berkonsentrasi pada optimalisasi pembuatan modul digital dan video pembelajaran melalui platform digital dalam pembuatan dan output produk modul. Kegiatan diakhiri dengan Post-Test yang diikuti seluruh peserta dipandu Dr. Citra Kurniawan, S.T., M.M.

Dokumentasi Kegiatan Workshop Sipejar

Pewarta: Nahdiatul Affandiah

Editor : Suhardi