image_pdf

Dekan Fakultas Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FPMIPA) Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) Prof. Tatang Herman M.Ed., melaksanakan Memorandum of Agreement (MoA) dengan Dekan Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Universitas Negeri Malang (UM) Prof. Dr. Hadi Suwono, M.Si., di Bandung (4-6/08/2022). MoA tersebut diadakan untuk kegiatan Penelitian dan Pengabdian serta Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM). 

Selain itu, terdapat kegiatan Riset Kolaborasi Indonesia (RKI) yang dihadiri oleh Fitri Khoerunnisa, Ph.D., Dr. rer. nat Witri Wahyu Lestari, S.Si., M.Sc., dari Universitas Sebelas Maret (UNS), Eli Hendrik Sanjaya, Ph.D., dari UM, serta Dr. Murni Handayani, S.Si., M.Sc.,  dari Pusat Riset Material Maju BRIN. Adapun peneliti BRIN yang dikirimkan ke UPI ada 2 yaitu Dr. Muqoyyanah dan Yosefin, Ph.D.

Pada bulan Juni hingga Juli yang lalu terdapat 3 mahasiswa UPI yang dikirimkan ke UM untuk penelitian, yaitu uji aktivitas antimikroba material nano komposit hasil sintesis di UPI. Ketiga mahasiswa tersebut bernama Qurratu Aini Alya Adzkia (Mahasiswa S1), Riri Uswatun Annifah (Mahasiswa S1), dan Yustika Desti Yoland (Mahasiswa S2). Selain itu, UM juga belajar membuat Membran Komposit yang dapat diaplikasikan pada Water Purification di KBK Kimia Lingkungan Departemen Kimia UPI bersama Fitri Khoerunnisa, Ph.D. RKI kali ini berasal dari bidang Biokimia dengan konsentrasi di Kimia Lingkungan, bekerjasama dengan Bu Fitri dengan dasar keilmuan Kimia Fisik yang juga fokus di Kimia Lingkungan. 

FPMIPA UPI sangat beruntung karena sekitar tahun 2000 mendapatkan bantuan gedung lengkap dengan isinya dari pemerintah Jepang melalui Jepang International Cooperation Agency (JICA). Desain gedung, arsitek, kecuali pekerja kasar bangunan berasal dari Jepang sehingga tata ruang laboratorium dan isinya (termasuk furniture dan peralatan Lab) sudah sangat baik. Saat ini, usia gedung dan isinya sudah 20 tahun, namun masih tampak sangat baik dan fungsional. Pada saat itu, UM juga mendapatkan bantuan dari JICA, tetapi berupa furniture, peralatan Lab. dan soft program. Oleh karena itu, UM juga mempelajari sekilas penataan dan manajemen laboratorium, baik laboratorium untuk keperluan pembelajaran maupun untuk analisis sampel yang ada di Departemen Kimia UPI.

Nahdiatul Affandiah -Internship Humas UM