image_pdf

Universitas Negeri Malang (UM) kembali menerima kehormatan dengan menerima kunjungan dari Universitas Teuku Umar (UTU) pada Rabu (10/08/2022). Kunjungan tersebut dihadiri oleh Dr. Mursyidin, M.A., selaku Wakil Rektor III UTU serta sejumlah jajaran Pengurus Harian Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) UTU dan Pengurus Harian Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas (BEMFA) UTU. Sementara itu, perwakilan dari UM hadir Wakil Rektor III Dr. Mu’arifin, M.Pd., bersama jajaran Pengurus Harian Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) UM dan Pengurus Harian Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas (BEMFA) UM. 

Dalam kunjungan tersebut, UTU bermaksud melihat secara langsung kinerja dari Organisasi Mahasiswa (ORMAWA) terutama BEM UM untuk dijadikan pelajaran dan contoh bagi ORMAWA dan BEM UTU ke depannya. Hal tersebut disampaikan langsung oleh perwakilan UTU pada awal pertemuan. 

Dr. Mu’arifin, M.Pd., menjelaskan tentang Sistem Pembinaan Kemahasiswaan kepada tamu kehormatan tersebut. “Terdapat tiga tahapan pembinaan kemahasiswaan di UM, yaitu dengan adaptasi yang biasanya dilakukan pada mahasiswa semester 1-2, kemudian aktualisasi yang dilakukan pada mahasiswa semester 3-7, dan tahap profesi untuk mahasiswa semester akhir atau semester 8. Adaptasi ditujukan agar mahasiswa cepat aktif dan tanggap pada kegiatan kemahasiswaan melalui sosialisasi, motivasi, dan pembinaan mahasiswa baru.” 

“Aktualisasi ditujukan agar mahasiswa mampu meningkatkan prestasi dengan pembinaan, fasilitasi-motivasi, kompetisi-apresiasi, serta rekognisi. Untuk tahap akhir profesi ditujukan agar mahasiswa lulusan UM siap kerja dengan mengadakan job fair dan campus hiring,” jelas WR  III UM.

Pada kesempatan tersebut UTU juga mendapat kesempatan serupa untuk menjelaskan hal-hal menarik sebagai daya tarik UTU salah satunya adalah UTU Awards. Acara tersebut merupakan ajang kompetisi seluruh mahasiswa Indonesia dan internasional pada jenjang Sarjana/D-IV/D-III. Terdapat tiga kategori komptisi, yaitu Riset Kewirausahaan, Perencanaan Bisnis, dan Produk Inovatif Berbasis Agro and Marine Industry.

Setelah itu, BEM UM beserta jajarannya mendapat kesempatan untuk menjelaskan sistem ormawa beserta program kerja yang sudah, sedang, dan akan mereka jalani. BEM UM didampingi Dewan Perwakilan Mahasiswa (DPM) UM menjelaskan bagian-bagian yang terkandung dalam BEM UM seperti kementerian-kementerian yang ada pada BEM UM dan kinerja yang diberikan. Kunjungan ditutup dengan sharing session seputar kinerja Ormawa UM dan kinerja Ormawa UTU.

Nahdiatul Affandiah -Internship Humas UM