image_pdf
Dekan FT UM, Prof. Dr. Andoko, M.T., meninjau Pameran Akademik dan Bazar Specta 2.0. dalam momentum Dies Natalis Fakultas Teknik ke-58 yang mengusung tema “Engineers of Change, Shaping the Future

Mahasiswa Fakultas Teknik (FT) Universitas Negeri Malang (UM) unjuk kebolehan terkait kemampuannya dalam bidang yang ditekuni masing-masing dalam Pameran Akademik dan Bazar Specta 2.0. Acara yang diselenggarakan dalam momentum Dies Natalis Fakultas Teknik ke-58 yang mengusung tema “Engineers of Change, Shaping the Future” ini digelar di depan Gedung B11 Fakultas Teknik UM pada Jumat (01/09). Terdapat 10 tim yang menjadi peserta pameran akademik dan semuanya berasal dari mahasiswa FT UM. Selain itu, bazar makanan dan kerajinan tangan juga turut hadir untuk memeriahkan acara.

Kesepuluh tim tersebut berasal dari berbagai bidang, mulai dari tata busana, tata boga, mesin, robot, hingga otomotif. Kesepuluh tim yang unjuk kebolehan di ajang Pameran Akademik dan Bazar adalah; Culture Milleration dengan busana ready to wear dari Batik Pamekasan, JaTes Instant Herbal Drink yang memproduksi minuman instan dari rempah-rempah, REV Team yang merakit mobil listrik Agastya, IMPERCIV yang merancang Jembatan Sandyatara. 

Selain itu, terdapat Hexa Cakrawala yang membuat miniatur robot penyelamat berbasis arduino pixy 2 camera, Smover Team  dengan Prototype Smart Gloves Translator, Aerora Tim 1 dan 2 Media Belajar Robot Tari dan Miniatur Robot Transporter sebagai Prototype Robot Industri Pemindah Barang, serta G4Har yang membuat media belajar robot sepak bola. Terdapat juga rencana pembuatan dari Tim Theta yang merancang Hubung.in: Advancement General Assistive Technology Concept to Connecting Human with, TIM E-MOS yang menciptakan IOT-Based Environmental Monitoring System Integrate Smartphone, Cakrawala Team dengan Nunggala Evo 2.0, Barqha Team dengan CLearn: website pembelajaran pemrograman berorientasi objek berbasis gamifikasi dan live coding, Semeru Team dengan Akasa EVO-2 dan Kumbolo EVO-3, dan yang terakhir HMD TMI FT UM dengan mesin pencacah buah otomatis.

Pilihan bidang keilmuan yang terhimpun dalam Fakultas Teknik berlomba memamerkan hasil penelitian dan kerja keras mereka selama menjadi mahasiswa FT. Keragaman bidang ilmu yang ditekuni tidak menyurutkan semangat mahasiswa FT untuk memamerkan hasil penelitian maupun rancangannya masing-masing. Setiap perwakilan mahasiswa yang berjaga pada stand masing-masing juga dengan jelas dan ramah memaparkan terkait hasil penelitian mereka, terutama kepada mahasiswa baru FT yang memadati area pameran dan bazar. 

Pewarta: Nahdiatul Affandiah – Internship Humas UM 

Editor: Luthfi Maulida Rochmah