image_pdf

Universitas Negeri Malang (UM) melalui Direktorat Kemahasiswaan mendukung penuh mahasiswa untuk menjalankan wirausaha dengan mengadakan Studi Industri ke Yogyakarta. Kegiatan ini diperuntukkan bagi mahasiswa lolos pendanaan pada Program Mahasiswa Wirausaha (PMW) 2023. Kegiatan yang dilakukan selama dua hari, yakni pada 23-24 November tersebut mengunjungi banyak sentra industri untuk mengulik rahasia dari masing-masing usaha dalam strateginya berbisnis. Beberapa tempat yang dikunjungi antara lain; Sentra Industri Bakpia Kencana, Sentra Industri Inixindo, Sentra Industri Dagadu, Sentra Industri Malioboro, serta tempat pengelolaan sampah di daerah Sleman.

Berdasarkan penuturan Iqbal El Shidiq, S.Pd., selaku penanggung jawab PMW 2023 dari Kemahasiswaan UM menuturkan bahwa kunjungan kali ini sebagai wadah bagi mahasiswa untuk meningkatkan strategi wirausaha yang sudah dibangun oleh masing-masing tim.

“Perjalanan kali ini memberi kesempatan bagi mahasiswa untuk belajar langsung dari para ahli terkait strategi mengembangkan usaha sekaligus mempertahankan bisnis yang sudah dirawat sejak puluhan tahun atau sebagai langkah kontinuitas,” tutur Pak Iqbal.

Mahasiswa yang mengikuti kegiatan studi industri terlihat sangat antusias mengikuti setiap rangkaian kunjungan, terutama pada kunjungan pertama di Rest Area Ambarketawang. Pada kunjungan tersebut mendalami strategi pemasaran dan inovasi pada produk oleh-oleh terutama bakpia. Melihat jajanan tersebut sudah sangat menjamur di kota Jogja membuat tim Bakpia Kencana harus menemukan inovasi, penguat rasa, serta gebrakan strategi bisnis yang jenius. Kunjungan dilanjutkan ke Inixindo, perusahaan berbasis teknologi yang membuka banyak pandangan mahasiswa wirausaha terkait strategi pemasaran melalui digital. Setelah itu, kunjungan dilanjutkan ke sentra industri oleh-oleh Dagadu Djokdja yang sudah berdiri sejak 1994. 

Disana, mahasiswa belajar ilmu yang sangat menarik tentang cara Dagadu mempertahankan pasar oleh-oleh khususnya kaos khas Jogja dengan banyak inovasi dan improvisasi sesuai perkembangan zaman dan mulai merambah produk daily wear. Hari pertama perjalanan industri ini diakhiri dengan menelisik UMKM yang ada di JL. Malioboro dan menyurvei langsung kepada penjual di sana.

Pada hari kedua sekaligus menjadi hari terakhir dari kegiatan studi industri, mahasiswa diajak berkunjung ke pengelolaan sampah di daerah Sleman yang dikelola langsung oleh pihak Dusun  Klero, Desa Sumberharjo, Kecamatan Prambanan, Kabupaten Sleman Daerah Istimewa Yogyakarta. Mahasiswa banyak belajar mengenai cara mengolah sampah hingga memanfaatkan magot untuk mengolah sampah industri dari masing-masing usaha yang sudah didirikan mahasiswa. Kunjungan terakhir adalah Desa Wisata Rumah Domes/Teletubies yang menjadi edukasi sekaligus pengingat tragedi gempa bumi di Yogyakarta.

Pewarta: Nahdiatul Affandiah – Internship Humas UM

Editor: Luthfi Maulida Rochmah – – Internship Humas UM