image_pdf

Malang – Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang (UM) menyelenggarakan seremoni dan pembekalan pra kelulusan calon wisudawan periode 128-129 pada Kamis (24/10). Acara yang berlangsung di aula AVA Gedung D14 ini dihadiri oleh mahasiswa dari lima departemen, yaitu Departemen Sastra Indonesia, Sastra Inggris, Sastra Arab, Sastra Jerman, serta Seni dan Desain.

Dengan tema “Menapaki Jalan Hidup Pasca Wisuda,” acara dimulai pada pukul 12.30 hingga 15.30 dengan doa bersama dan penyampaian sambutan dari Wakil Dekan III FS, Prof. Dr. Kusubakti Andajani, M.Pd. Acara dilanjutkan dengan penyerahan ijazah secara simbolis, diakhiri dengan sesi foto bersama antara mahasiswa dan para Ketua Departemen serta Ketua Program Studi.

Pembekalan pra kelulusan ini diisi oleh Rizky Novisari, alumni Prodi Desain, Komunikasi, dan Visual (DKV) UM angkatan 2008, yang kini menjadi dosen di Universitas Internasional Semen Indonesia. Rizky membagikan pengalamannya, “Saya juga awalnya bingung memilih profesi setelah lulus. Banyak hal yang saya coba hingga akhirnya saya memutuskan untuk menjadi akademisi dan kembali ke tempat awal saya.”

Acara ini sejalan dengan misi UM untuk berkontribusi terhadap Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (Sustainable Development Goals/SDGs), khususnya tujuan kedelapan, yaitu pekerjaan layak dan pertumbuhan ekonomi. Melalui pembekalan ini, Fakultas Sastra UM memberikan wawasan berharga kepada calon sarjana tentang dunia kerja yang akan mereka hadapi.

Seremoni ini tidak hanya menjadi ajang perpisahan, tetapi juga sebagai langkah awal menuju masa depan yang lebih cerah bagi para wisudawan.

Penulis: Ayuningrat Larasati Amran – Mahasiswa S1 PBSID UM
Editor: Muhammad Salmanudin Hafizh Shobirin – Humas UM