image_pdf
Inovasi Kuliner Dengan Pemanfaatan Potensi Desa Seketi Jombang

Jombang. Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Negeri Malang (UM) tengah berlangsung. Salah satunya KKN Pulang Kampung Desa Seketi Jombang. Dengan mengangkat tema “Pengembangan Potensi TOGA Di Desa Seketi”. KKN ini melakukan progam kerja berupa penanaman TOGA (Tanaman Obat Keluarga) dan JAENAB (Jae Kui Eco, Enak lan Berkhasiat). Kegiatan ini berlangsung selama dua hari ini berjalan dengan lancar (1-2/6).

Kegiatan TOGA dilakukan dengan penanaman sekitar 400 berbagai macam TOGA dilengkapi dengan informasi untuk edukasi pada semu kalangan. Kegiatan ini bertujuan agar wawasan dan kecintaan masyarakat desa terhadap TOGA lebih tinggi. Proker dengan tema serupa yaitu JAENAB yang merupakan inovasi pengolahan dengan bahan dasar TOGA. Olahan ini dikemas berbeda, unik dan lezat dan dikemas dalam bentuk video tutorial dan buku panduan.

Inovasi Pengelolahan Bebahan Dasar TOGA untuk Usaha Kuliner ditengah Pandemi Covid-19

Khusnul Khotimah Selaku Kordes KKN Desa Seketi Jombang memberikan alasan terkait penentuan proker ini

“Kami berupaya untuk mrmbantu menangkal Covid-19 salah satunya dengan proker memanfaatkan TOGA ini. Kami berfokus pada TOGA ini karena sesuai riset dan realita bahwa TOGA memiliki khasiat dan manfaat bagi kesehatan. Hal inilah nantinya bisa dijadikan project ketahanan pangan dan penangkal Covid-19 melalui pemanfaatan tanaman ini ditengah pandemi”.

Lebih lanjut, Khusnul juga menjelaskan bahwa luaran dari KKN kami bisa berkesan dan memiliki manfaat yang tidak sesaat, artinya proses dan hasil KKN Desa Seketi dapat dikembangkan oleh masyarakat sehingga berdampak panjang. KKN ini juga menyatukan visi dan misi pada sistem KKN yang berbeda dengan KKN sebelumnya yang mengangkat tema KKN Edisi Covid-19. PJ Proker dan semua anggota juga bersinergitas agar proker ini dapat terealisasi.

Kegiatan Penanaman TOGA

Siti Liana dan Winda Aulia selaku PJ kedua proker ini berpendapat bahwa pemilihan proker ini karena didesa Seketi memiliki jahe dan TOGA yang melimpah dan dapat diolah menjadi berbagai jenis olahan tidak hanya jamu serta dapat menambah imun tubuh ditengah pandemi Covid-19. Selain itu harapan luaran dari proker ini adalah video tutorial, jurnal, buku bersama dengan Dosen Pendamping Lapangan (DPL) yang akan diajukan ISBN dan di HAKI kan.

Pewarta : Riki Pratama-Internship Humas UM

Dokumentasi Foto : KKN Pulang Kampung – KKN Desa Seketi Jombang