image_pdf

Universitas Negeri Malang (UM) senantiasa menjalin kerja sama dengan berbagai pihak untuk dapat berkontribusi dan menebarkan manfaat. Salah satunya adalah kerjasama UM dengan Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Perempuan kelas II A Malang. Kerjasama yang sebelumnya sudah terjalin ini dilanjutkan kembali dengan melakukan penandatanganan naskah kerjasama oleh Ketua Lapas Perempuan kelas II A dan Rektor UM. Kegiatan penandatanganan naskah kerjasama dilaksanakan pada Selasa (12/12) di Gedung Kuliah Bersama A19. 

Ketua Lapas Perempuan kelas II A Malang, Yunengsih, Bc. IP., S.Sos., M.H., mengungkapkan bahwa kerja sama ini ditujukan agar UM dapat menyalurkan ilmu dan keterampilan kepada warga binaan.

“Dari jumlah sekitar 425 warga binaan, 350 warga binaan di Lapas diikutkan pembinaan kepribadian ataupun kemandirian. Selain itu, karena di Lapas hanya mempunyai satu psikolog sehingga warga binaan memerlukan psikolog untuk menjembatani mereka dalam menyelesaikan masalahnya,” ungkap Yunengsih, Bc. IP., S.Sos., M.H.

Ketua Lapas Perempuan menambahkan bahwa, UM dapat berkunjung ke Lapas untuk mengetahui kondisi di dalam Lapas sehingga kerja sama lebih terarah. Harapannya, kerjasama yang terjalin ini berkelanjutan khususnya setelah menandatangani naskah kerjasama.

Lebih lanjut, Rektor UM, Prof. Haryono, M.Pd. menyampaikan bahwa UM memiliki prodi tata boga yang dapat memberikan keterampilan memasak dan prodi lain yang memberikan keterampilan lainnya. Dalam hal ini, mahasiswa KKN juga bisa diajak dalam memberikan keterampilan kepada warga binaan.

“UM dapat menjadikan mitra untuk riset bersama dalam menyadarkan warga binaan untuk dapat berubah dengan metode ceramah ataukah dengan memberikan keterlibatan warga binaan untuk beraktivitas sosial yang menyenangkan. Relasi UM dengan Lapas ini adalah sebuah keniscayaan. Sebagai dari organisasi negara, kita punya ikut tanggung jawab  dalam menciptakan kehidupan bermasyarakat dan bernegara yang baik.,” jelas Prof. Haryono.

Rektor UM berharap melalui MOU ini kerja sama yang selama ini sudah baik bisa ditingkatkan dan bisa membawa keuntungan kedua belah pihak.

Pewarta : Novita Eka Andriyana – Internship Humas UM

Editor: Muhammad Salmanudin Hafizh Shobirin – Humas UM