image_pdf
Dr. Zulkarnain, M.Pd., M.Si Menyampaikan materi

Malang. Prodi Pendidikan Luar Sekolah (PLS) Universitas Negeri Malang (UM) pada Rabu (1/7) mengadakan ‘canngkrukan’ yang bertemakan optimalisasi pembelajaran. Kegiatan seperti ini rutin dilakukan oleh Prodi PLS. Namun akibat dari pendemi yang masih berlangsung, kegiatan dilakukan secara daring menggunakan plarform zoom.

Narasumber yang hadir dalam kegiatan  cangkrukan kali ini adalah Ketua Prodi PLS, Dr. Ishak Maulana M.Pd., Dosen PLS FIP UM, Dr. Zulkarnain, M.Pd. M.Si., Dosen Sosiologi FIS UM, Dr. H. Abd Latif Bustami, M.Si., Kepala UPT PTIK UM, Mahmuddin Yunus, S.Kom. M.Cs., dan Dosen Universitas Trunojoyo, Dias Putri Yuniar, S.Pd. M.Pd. Selain narasumber Cangkrukan PLS ini dihadiri pula oleh mahasiswa jurusan, alumni, dosen, tendik, dan para pejuang Pendidikan di Indonesia.

Peserta Cangkrukan PLS Part 2

“Disini kita bisa berdialog, bertukar gagasan, bertukar informasi, kita mencari solusi terbaik untuk masa depan pendiddikan di bidang formal dan non formal,” ujar Dr. Ishak Maulana, M.Pd. dalam sambutannya.

Lebih lanjut Dr. Ishak juga menyampaikan, dengan tema optimalisasi pembelajaran ini nantinya pembahasan akan berfokus pada bagaimana proses belajar dapat dioptimalkan hingga nanti mendapat hasil sesuai dengan yang di harapkan. “Para peserta juga dapat bertanya langsung kepada ahli mengenai masalah seperti apa yang sering mereka temukan di lapangan,” jelasnya.

Dr. Ishak Maulana M.Pd., Memberika sambutan

 Dr. Zulkarnain, M.Pd., M.Si menyampaikan bahwa ada 3 proses yang tidak bisa lepas dari optimalisasi pembelajaran. “Optimalisasi pembelajaran itu tidak lepas dari bagaimana proses pelayanan akademik, bagaimana proses kualitas akademik, dan bagaimana proses kepuasan akademik. Terlebih kurikulum sekarang ini berbasis kehidupan maka ketiga proses tadi menjadi sangat penting,” jelasnya.

Pewarta           : Muhammad Zaid Al Khair – Internship Humas UM