image_pdf

Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Negeri Malang (UM) berupaya untuk mengulas lebih dalam mengenai pengetahuan dan kemampuan dalam metodologi riset dengan mengadakan kuliah tamu dan agenda “Bedah Metode Etnografi dalam Studi Ilmu Komunikasi”. Kuliah tamu ini diselenggarakan pada 22 Maret 2024, bertempat di Aula Ki Hadjar Dewantara, Fakultas Ilmu Sosial secara hybrid dengan mengundang pemateri Dr.Phil Geger Riyanto yang merupakan Dosen Antropologi Universitas Indonesia.

Menariknya, Dr.Phil Geger Riyanto merupakan dosen penerima penghargaan disertasi antropologi terbaik Frobenius Institute Jerman dengan menyelesaikan disertasinya di Fakultas Behavioural and Cultural Studies, Heidelberg University, dengan judul “Being Strangers in Eastern Indonesia: Misunderstanding and Suspicion of Mythical Incorporation among the Butonese of North Seram” yang di-submit pada 2022. 

Dr. Geger menjelaskan tentang esensi dan keunikan dari metodologi etnografi dalam ranah ilmu komunikasi. Hal tersebut menjadi metodologi tertua dalam riset kualitatif. Biasanya digunakan peneliti untuk melihat dunia pada aspek sosial budaya dalam masyarakat dengan penekanan perspektif subjektif individu. Meskipun biasanya digunakan dalam penelitian bidang ilmu antropologi akan tetapi pada agenda kuliah tamu ini, metodologi etnografi akan digunakan dalam kacamata permasalahan atau dari isu-isu ilmu komunikasi. Dalam kuliah tamu ini, study case yang diangkat yaitu kasus misinformasi pasca pandemik untuk dijadikan bahan penelitian dalam metodologi etnografi. 

“Jika kita berbicara dengan etnografi kita harus mengetahui elemen-elemen dari etnografi. Pertama adalah Naturalisme, dimana peneliti bertujuan untuk menangkap suatu karakter  alami yang bukan secara intervensi atau rekayasa. Kedua adalah pemahaman implisit, yaitu dengan melihat hal-hal yang tidak terlihat seperti nilai dan perilaku latar kontekstual. Ketiga adalah informal, yaitu dalam konteks penelitian adalah mendapatkan informasi yang lebih autentik. Jadi teman-teman yang harus mencatatnya dalam penelitian etnografi,” ungkap Dr. Geger. 

Dr. Geger juga membagikan pengalaman-pengalaman dan peristiwa penting ketika melakukan penelitian etnografi di Pulau Seram, Maluku. Terlihat bagaimana penerapan elemen-elemen metodologi etnografi dalam penelitian. Disajikan, tayangan aktivitas, interaksi dan keunikan dalam  kelompok masyarakat Pulau Seram yang memiliki karakteristik tersendiri. Hal ini diperlukan supaya mahasiswa Ilmu Komunikasi UM mendapatkan gambaran, inspirasi dan motivasi juga refleksi secara konkrit bagaimana penerapan metodologi etnografi dalam penelitian.  

Selain itu, juga diberikan sesi tanya jawab sebagai kesempatan bagi mahasiswa Ilmu Komunikasi UM untuk bisa mendapatkan wawasan yang lebih banyak dan berkesempatan untuk berdiskusi. Diharapkan melalui agenda kuliah tamu ini mampu memperkaya wawasan dan pengalaman mahasiswa Ilmu Komunikasi UM. 

Pewarta : Afgian Gala Mahiya Ikhsan – Internship Humas UM

Editor: Muhammad Salmanudin Hafizh Shobirin – Humas UM