image_pdf

Universitas Negeri Malang (UM) menyelenggarakan pelantikan pengawas Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan Panitia Pengawas Pemilihan Umum Raya (PANWAS PEMIRA) pada Selasa (22/11/2022). Terselenggara di Ruang Graha Rektorat lantai 9, pelantikan dihadiri oleh Wakil  Rektor I, para Wakil Dekan III, koordinator tata usaha, serta sub koordinator akademik dan kemahasiswaan.

Acara pelantikan terlaksana dengan khidmat dengan serangkaian acara terdiri dari pembacaan SK KPU dan Panwas Pemira oleh Wakil Rektor I dan pembacaan ikrar pengurus KPU dan Panwas Pemira. Acara puncaknya yaitu pelantikan pengurus KPU dan Panwas Pemira oleh Wakil Rektor I.

Dalam sambutannya, Wakil Rektor I, Prof. Dr. H. Ibrahim Bafadal, M.Pd menyampaikan bahwa ikrar yang telah dibacakan oleh pengurus KPU dan Panwas PEMIRA memiliki makna yang sangat baik. Ikrar berjumlah lima butir dengan butir pertama yaitu “bertakwa kepada tuhan yang maha esa” adalah salah satu ikrar yang bukan hanya diucapkan saja namun harus dilaksanakan sebagai landasan dalam pelaksanaan pemira.

“Sebagai pengurus KPU dan Panwas hendaknya didasari oleh ketakwaan kepada Allah SWT. Hal ini dikarenakan Allah SWT akan mendampingi, membimbing, dan memberikan petunjuk dalam setiap langkah pada jalannya pemira ini. Jadi ikrar yang diucapkan bukan hanya sekadar janji, tetapi dilakukan dan dilaksanakan,” ucap Prof. Dr. H. Ibrahim Bafadal, M.Pd

Wakil Rektor I menambahkan, dalam pelaksanaannya diharapkan pelaksanaan pemira didasarkan takwa, adil, jujur, cermat, objektif, tidak memihak kelompok tertentu, dan selalu didampingi oleh sifat takwa. Sehingga harapannya pada akhir Desember pemira akan selesai dan ditandatangani serta dilantik oleh rektor UM pada awal tahun 2023.

Selain itu, Wakil Rektor I UM menyampaikan untuk  tidak takut dalam proses pemira karena ini akan menjadi forum bagi mahasiswa untuk belajar kepemimpinan. Pengalaman yang didapatkan dapat menjadi bekal hidup ketika terjun di masyarakat setelah wisuda nantinya. Dengan catatan di bidang akademik yaitu IP tidak menurun dan didampingi dengan kegiatan mahasiswa untuk menambah pengalaman tersebut.

Terakhir, Wakil Rektor UM menyampaikan terima kasih kepada mahasiswa yang telah dilantik dan bersedia menjadi pengurus KPU dan Panwas dalam Pemira 2022. Beliau tidak henti-hentinya mengingatkan kepada mahasiswa untuk pandai mengelola waktu dan mengelola emosi dengan baik.

“Semoga sukses menjadi pengurus KPU dan Panwas dan menjadi mahasiswa dalam mempersiapkan UAS. Dengan indikator sukses pemira akan berlangsung dengan tertib, aman, dan demokratis serta sukses menjadi mahasiswa dengan IP yang meningkat. Mari kita dukung pemira UM ini menjadi pemira yang damai, sentausa, dan berhasil dengan baik,” pungkas WR I UM.

Pewarta: Novita Eka Andriyana – Internship Humas UM