image_pdf
Pelaksanaan PKKMB UM 2023

Menyambung acara pembukaan PKKMB UM 2023 yang bersamaan dengan dilaksanakannya upacara bendera merah putih dalam rangka peringatan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia, pelaksanaan PKKMB UM 2023 hari kedua diadakan tepat di keesokan harinya, yaitu hari Jum’at (18/08/2023). Serangkaian acara PKKMB UM 2023 hari kedua ini diselenggarakan secara meriah di Gedung Cakrawala. Sekitar lebih dari 9000 mahasiswa baru UM tahun ajaran 2023/2024 memenuhi Gedung Cakrawala guna mengikuti acara PKKMB ini.

Acara PKKMB UM di hari  kedua ini semakin meriah karena kedatangan tamu spesial, Bapak Dahlan Iskan, yang memberikan pesan kepada mahasiswa UM untuk menjaga kesehatan dan melakukan pola hidup sehat selama kuliah. “Zaman sekarang banyak sekali pelamar pekerjaan gagal dikarenakan tes kesehatan. Perusahaan tidak mungkin menerima pegawai yang beberapa tahun kedepan memiliki kemungkinan berpenyakit. Berdasarkan penelitian, adapun penyebab penyakit terbesar itu disebabkan terlalu banyak minum minuman yang bersinergi dan makan mie instan. Jadi saya mohon kepada adik-adik untuk hidup sehat, dan memasak sendiri di kos,” tuturnya

“Calon pegawai itu juga harus memiliki potensial konflik yang rendah. Cara yang dapat digunakan untuk meminimalisir potensi konflik bisa dilakukan dengan cara ikut berorganisasi. Dengan mahasiswa ikut terjun di dalam organisasi, maka dia akan semakin dihadapkan dengan berbagai konflik dan terbiasa dalam menyelesaikannya,” imbuh mantan CEO surat kabar Jawa Pos.

Selain itu, PKKMB UM 2023 juga turut menghadirkan beberapa pembicara menarik yang memberikan materi kepada para mahasiswa baru. Pemateri pertama dibawakan oleh salah satu guru besar dari Fakultas Sastra UM, Prof. Dr. Suyono, M.Pd. Beliau membahas seputar perguruan tinggi yang bertemakan UM Excellence in Learning Innovation dalam Era Revolusi Industri 5.0   

“Mahasiswa memiliki tugas utama untuk belajar dengan dosen yang berperan sebagai fasilitator. seluruh fasilitas yang ada di dalam kampus ini berperan menjadi pendukung. Belajar mandiri menjadi bagian penting dalam pembelajaran di kampus. Apabila mendapat tugas, kerjakan tepat waktu. Pada akhirnya nanti mahasiswa akan mengerjakan tugas akhir yang sebelumnya membiasakan dirinya dengan penelitian maupun riset kecil dan dibuahkan dalam bentuk karya tulis ilmiah.  Terakhir, mahasiswa juga harus memaksimalkan dalam mengambil SKS dalam setiap semesternya.” jawab Prof. Dr. Suyono, M.Pd. terkait pertanyaan mahasiswa baru mengenai solusi agar tercapainya kelulusan tepat pada waktunya.

Mahasiswa baru juga dibekali dengan materi kesadaran lingkungan hidup, manajemen resiko dan kampus sehat. Pada materi ini mahasiswa diberi gambaran tentang pengenalan layanan-  layanan di UM, meliputi; (a) layanan kesehatan, bimbingan konseling, sarana prasarana, (b) layanan pencegahan dan penanggulangan kekerasan seksual di kampus, (c) kesehatan dan keselamatan kerja. Ketiga materi tersebut disampaikan secara bergantian oleh para narasumber, yaitu Prof. Dr. Puji Handayati, S.E. Ak. MM. CA. CMA. yang saat ini menjabat sebagai Wakil Rektor II, Desinta Dwi Rapita, S.Pd. SH. MH selaku perwakilan dari Satgas PPKS, Prof. Dr. Ir. Djoko Kustono, M.Pd. dan ditambah Prof. Dr. Sunarmi, S.H. M. Hum mewakili Tim K3 dalam menyampaikan green campus.

Pelaksanaan PKKMB UM 2023

Memasuki puncak acara, PKKMB UM pada tahun ini juga mendatangkan Bapak Ramliyanto, SP. MP sebagai perwakilan dari Gubernur Jawa Timur. Dalam materinya, beliau menyampaikan bahwa, “Ibu Gubernur itu memiliki sebuah kunci yang selalu disampaikan di berbagai perguruan tinggi, yakni IKI. IKI itu sendiri merupakan sebuah singkatan. I yang pertama yaitu inisiatif yang bisa muncul dengan mengetahui lingkungan seperti apa di sekitarnya. Jangan beku!. Kata kedua K, yang maksudnya itu kolaboratif. Ada sebuah ungkapan yang mengatakan, kalau nganggur jangan sendiri, kalau sendiri jangan menganggur. Dan I yang terakhir adalah inovasi.” ujarnya.

Acara PKKMB UM di hari kedua ini ditutup dengan pemberian kejutan kepada Bapak Dahlan Iskan untuk merayakan ulang tahun beliau yang jatuh pada tanggal 17 Agustus 2023 kemarin.

Pewarta : Hania Nuha Tsabita – Internship Huma UM

Editor: Luthfi Maulida Rochmah