image_pdf
Suasan Kelas Internasional Prodi Bioteknologi Angkatan Pertama Tahun 2024

Malang— Dengan semangat wujudkan mahasiswa berwawasan global, Program Studi (prodi) Bioteknologi Universitas Negeri Malang (UM) resmi membuka kelas internasional pada semester gasal 2024/2025. Program ini menjadi yang pertama di lingkungan Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA). Sebanyak 9 mahasiswa baru terdaftar sebagai angkatan pertama di kelas internasional ini.

Kurikulum yang diterapkan di kelas internasional Prodi Bioteknologi FMIPA UM menggunakan standar yang sama dengan kelas reguler, namun proses pembelajaran, tugas akhir, dan berbagai perangkat pendukung lainnya menggunakan Bahasa Inggris. Selain itu, mahasiswa wajib mengikuti program internasional seperti pertukaran pelajar ke kampus mitra luar negeri selama minimal satu semester sebagai syarat kelulusan.

Prodi Bioteknologi UM telah memiliki reputasi internasional berkat dukungan dosen lulusan universitas terkemuka, baik dari dalam maupun luar negeri. Selain itu, pengajar dari berbagai universitas internasional turut berperan sebagai co-teacher.

Beberapa di antaranya adalah Dr. Nur Izzati Mohd Noh, Assoc. Prof. Ch. M. Dr. Mohd Bakri Bakar, dan Assoc. Prof. Dr. Roswanira Abdul Wahab dari Faculty of Science, Universiti Teknologi Malaysia (UTM); Prof. Dato’ Amirul dari Universitas Sains Malaysia (USM); Hadiatullah, Ph.D dari Tianjin University; serta Assoc. Prof. Dr. Fatimah Hashim dari Faculty of Environmental Maritime Science, Universiti Terengganu Malaysia (UMT).

Dengan kelas internasional ini, UM semakin memperkuat komitmen untuk menjadi kampus rujukan dunia dan berharap mahasiswa Prodi Bioteknologi dapat bersaing di tingkat nasional maupun internasional. Selain itu, program ini juga diharapkan memperkuat kerja sama dengan mitra luar negeri dalam bidang pendidikan, penelitian, dan pengabdian masyarakat. Prodi Bioteknologi juga terbuka bagi mahasiswa asing yang ingin mengikuti program gelar maupun non-gelar di UM.

Pewarta: Prof. Dr. Evi Susanti, M. Si – Ketua Program Studi S1 Bioteknologi UM
Editor: Muhammad Salmanudin Hafizh Shobirin – Humas UM