image_pdf

Malang. Paduan Suara Mahasiswa Universitas Negeri Malang “Swara Satata Çakti” (PSM UM SSÇ) berhasil meraih dua Gold Medal dalam 9th Brawijaya Choir Festival (BCF) 2019. Dalam kompetisi yang digelar mulai tanggal 7-10 Februari 2019 di Universitas Brawijaya Malang kemarin, PSM UM SSÇ meraih juara pada dua kategori, yaitu Pop/Jazz dan Mixed.

PSM UM SSÇ yang memiliki slogan “Sehati, Sejiwa, Seroh” ini telah berlatih keras selama kurang lebih 3 bulan terakhir sebelum kompetisi 9th BCF 2019 digelar. Kendala yang mereka hadapi cukup banyak seperti latihan yang selalu dilakukan hingga larut malam, satu persatu anggota yang mulai tumbang karena sakit dan lain sebagainya. Namun, rintangan tersebut tidak menghentikan langkah anggota PSM UM SSÇ untuk terus giat berlatih agar mampu menampilkan yang terbaik.

Pada saat kompetisi digelar tim kategori Pop/Jazz membawakan 2 buah lagu yakni Aku Melangkah Lagi arr. Bagus Gangsar Wibisono dan Bahagia arr. Yustinus Hendri yang dulunya adalah alumni PSM UM SSÇ. Berbeda dengan tim kategori Pop/Jazz, tim kategori Mixed membawakan tiga buah lagu yaitu There Rolls TheDeep arr. Charles Hubbert Hastings Parry, Izar Ederrakkarya Josu Elberdin serta Fajar dan Senja II karya Ken Steven.

Seperti pepatah mengatakan “Usaha tidak akan mengkhianati hasil”, kedua tim yang dikirimkan PSM UM SSÇ meraih juara dimasing-masing kategorinya dan mendapatkan Gold Medal. Pada kategori Pop/Jaz tim mereka mampu untuk menduduki posisi kedua dengan perolehan nilai 84.35. Tak ingin kalah, tim kategori Mixed yang memperoleh nilai tertinggi 85.88 berhasil meraih posisi pertama. Tidak berhenti disitu, sang pelatih, Ageng Pujarachman juga mendapatkan gelar Best Conductordalam gelaran 9th BCF 2019.

Anggyyansah Yusuf Mustaghfirin atau yang kerap disapa Anggy selaku Ketua Umum PSM UM SSÇ tahun 2019 merasa sangat senang dan bangga terhadap perjuangan seluruh tim. Proses latihan yang berdarah-darah terbayar lunas dengan hasil yang mereka dapatkan.    

Merasa berhasil dengan kompetisi nasional yang sering mereka hadapi, PSM UM SSÇ mantap untuk menuju jenjang yang lebih tinggi. “Kami sedang merencanakan untuk bisa berkompetisi di luar negeri, kami sangat berharap pihak Universitas Negeri Malang (UM) akan mendukung PSM UM SSÇ. Sudah saatnya untuk merambah ke dunia internasional, visi ini sangat perlu dukungan dari semua pihak karena hal ini akan menjadi pengalaman pertama PSM UM SSÇ untuk beranjak ke dunia internasional.” Ujar Anggy saat ditanyai tentang project PSM UM SSÇ berikutnya.

Pewarta           : Salsabila Esya Kusdianti – Internship Humas UM