image_pdf

Dalam rangka mendengar setiap aspirasi dari mahasiswa demi mewujudkan Universitas Negeri Malang (UM) yang lebih baik, Rektor UM mengajak para perwakilan mahasiswa yang tergabung dalam organisasi mahasiswa UM seperti ketua BEM Universitas, ketua DPM, serta para ketua UKM untuk melakukan sharing session dalam acara Coffee Morning yang diadakan pada Jumat (19/05/2023). Bertempat di Ruang Sidang Senat Lantai 9 Graha Rektorat UM, kegiatan ini dihadiri Wakil Rektor II UM, Direktur Kemahasiswaan dan Alumni, Kepala Sub Direktorat Kesejahteraan, Kewirausahaan, Karir, dan Alumni, Kepala Sub Direktorat Minat, Bakat, dan Penalaran, serta jajaran pimpinan kemahasiswaan lainnya. 

Diskusi dibuka dengan pernyataan dari Prof. Dr. Hariyono, M.Pd., yang menyampaikan tentang bagaimana UM saat ini, permasalahan yang sedang dihadapi UM, harapan-harapan, serta ajakan untuk bersama-bersama memajukan UM. Pertama beliau dengan bangga menyebutkan peranan mahasiswa UM dalam prestasi UM yang berhasil menempati posisi baik di tingkat dunia maupun Indonesia.

“Berdasarkan QS World University Rankings dan Times Higher Education World University Rankings serta penilaian dari Kemendikbud Ristek di tahun 2023 ini UM menduduki posisi 1200-1500 di level dunia dan 10 di perguruan tinggi Indonesia. Prestasi tersebut tidak mungkin bisa diperoleh oleh perguruan tinggi ini kalau tidak dengan dukungan dari semua pihak, yang utama adalah mahasiswa. Oleh karena itu, ketika kami berdiskusi dengan pimpinan selalu diingatkan bahwa bagaimana kita bisa menghasilkan lulusan yang lebih baik ke depannya. Maka ini harapannya proses seleksi mahasiswa kita berusaha merekrut mahasiswa-mahasiswa yang terbaik. Kedua bagaimana proses pembelajaran bisa dilakukan dengan baik. Jika proses seleksi berkualitas dan pembelajaran berkualitas, potensi untuk menghasilkan lulusan terbaik akan tercapai,” ungkap Rektor UM.

Selanjutnya Rektor juga meminta tolong kepada para ormawa sebagai agen perwakilan mahasiswa-mahasiswa UM untuk ikut serta menangkal penyebaran hoaks di masa pendaftaran mahasiswa baru ini. Selain itu, Rektor juga menyebut beberapa masalah yang dihadapi UM dan mengajak bersama-sama untuk mencari solusi dan menerapkannya.

Kegiatan puncak yaitu diskusi dipimpin oleh Kepala Sub Direktorat Minat, Bakat, dan Penalaran. Beberapa mahasiswa ditunjuk untuk menyampaikan aspirasi-aspirasinya yang kemudian akan dijawab langsung oleh para pimpinan untuk mencari jalan keluar. Diskusi berjalan dengan lancar dari awal hingga akhir acara.

Pewarta: Malichatus Sa’diyah – Internship Humas UM

Editor: Nahdiatul Affandiah