image_pdf

Tiada henti mengukir prestasi, Universitas Negeri Malang (UM) pada tahun ini memberangkatkan sejumlah 25 tim PKM menuju PIMNAS 36 yang diselenggarakan di Universitas Padjadjaran. Angka ini meningkat dari tahun lalu yang meloloskan 20 tim ke ajang final PIMNAS. Dengan penuh bangga, mahasiswa-mahasiswi terbaik ini diberangkatkan pada Jumat (24/11/2023) sore. 

Dari 25 tim PKM tersebut diperoleh dari persebaran beberapa fakultas, yakni 12 tim dari FMIPA, 2 tim dari FIS, 5 tim dari FIP, 2 tim dari FIK, 1 tim dari FEB, dan 2 tim dari FPsi. Tim PKM UM juga terbagi dalam beragam SKIM PKM dengan rincian PKM-K sebanyak 11 tim, lalu PKM-PM terdapat 5 tim, PKM-RSH ada 4 tim, PKM-RE dengan 1 tim, PKM-GFT juga 1 tim, PKM-KI dengan 1 tim, dan terakhir PKM-KC sebanyak 2 tim.

Meski tengah berdinas di beda benua, Rektor UM, Prof. Dr. Hariyono, M.Pd., turut menyampaikan apresiasi setinggi-tingginya terhadap putra dan putri terbaik UM ini melalui ruang Zoom. Beliau menyampaikan kepada para peserta tim PKM untuk fokus pada tujuan saat ini, yaitu tampil sebaik mungkin di ajang PIMNAS 2023.

“Kami berharap walaupun mungkin fasilitas yang kita miliki relatif terbatas, tidak berarti inovasi dan kreativitas kita juga dibatasi. Karena orang yang memiliki cinta, terutama cinta terhadap ilmunya, cinta terhadap profesinya, itu selalu kreatif, selalu inovatif. Oleh karena itulah kami berharap agar adik-adik untuk saat ini fokus berkompetisi. Selain itu juga memiliki prinsip bekerja keras tidak semata-mata untuk meraih prestasi tetapi juga untuk aktualisasi diri,” pesan Rektor UM.

Tak hanya itu, Prof. Hariyono turut memberi pesan agar adik-adik tim PKM UM pandai menjaga kesehatan diri agar tampil maksimal saat presentasi sehingga nantinya dapat membawa pulang piala kemenangan. 

“Untuk itulah, adik-adik yang saya banggakan, mudah-mudahan adik-adik bisa menjaga pikiran, kesehatan, dan pada saat tampil tidak merasa inferior atau rendah diri. Harus percaya diri dan jika ada kesulitan bisa langsung koordinasi dengan tim. Mari kita berdoa bersama-sama, agar perjalanan tim UM ke Bandung itu tidak ada halangan dan ketika pulang semuanya membawa medali. Sekali lagi kami ucapkan terima kasih dan apresiasi sebesar-besarnya kepada mahasiswa yang tergabung dalam tim-tim PKM, Bapak dan Ibu dosen pendamping, serta tim pengembang PKM UM,” pungkasnya.

Pewarta: Malichatus Sa’diyah – Internship Humas UM

Editor: Luthfi Maulida Rochmah – Internship Humas UM