image_pdf
Beragam prestasi membanggakan SMA LAB UM tahun 2023

SMA Laboratorium merupakan lembaga pendidikan yang termasuk dalam naungan Universitas Negeri Malang (UM), dimana seluruh proses pembelajarannya terintegrasi dengan UM. Layaknya peribahasa “buah jatuh tak jauh dari pohonnya”, hal ini juga terjadi antara UM dan SMA Laboratorium. Pasalnya, selama 2023 ini siswa SMA Lab banyak menorehkan prestasi gemilang, seperti prestasi yang diraih oleh mahasiswa UM.

Salah satu siswa SMA Laboratorium UM yang meraih banyak prestasi selama 2023 ini adalah Raditya Syafriatur Riyad. Selama satu tahun ini, Raditya berhasil menorehkan prestasi dalam empat kejuaraan yang bergengsi. Penghargaan pertama yang berhasil diraih oleh siswa kelas XI MIPA 3 ini adalah berhasil menembus Final Stage pada event Indonesian Science Project Olympiad (ISPO) 2023 yang dilaksanakan pada 24-26 Februari 2023 yang digelar oleh Eduversal Foundation. Lomba ini merupakan salah satu lomba dibawah naungan Pusat Prestasi Nasional Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 

Beragam prestasi membanggakan SMA LAB UM tahun 2023

Prestasi berikutnya yang berhasil diraih oleh Raditya, yaitu mendapatkan juara 1 pada lomba karya ilmiah bidang sumber daya air untuk siswa SMA/SMK/MA tingkat nasional ke XVI  tahun 2023 dengan judul makalah “Newater 2.0 : Desalinasi Shock Electrodialysis Dan Elektrokoagulasi, Solusi Krisis Air Bersih Pulau Kangean, Madura”. Kegiatan lomba ini diselenggarakan oleh Kementerian Pekerjaan Umum Dan Perumahan Rakyat (PUPR) di Jakarta, pada 15 Maret 2023.

Selain penghargaan diatas, Raditya juga berhasil mendapatkan penghargaan medali emas dalam kategori “Agriculture and Aquaculture” dengan judul projek “ F-MAX : Ferro-Fluid Washing Machine To Reduce Micro Plastic In Fish Pond” dalam acara Indonesia International Invention Expo Online Competition yang dilaksanakan pada 25-28 Agustus 2023 di Semarang.

Prestasi membanggakan SMA LAB UM tahun 2023

Prestasi Raditya kembali bertambah setelah lolos dalam tahap final penghargaan AHM Best Student Tahun 2023 dan berhasil mendapatkan juara 1 dalam kategori Inovasi. Prestasi ini mengantarkan Raditya mendapatkan hadiah uang sebesar Rp. 10 Juta,  laptop, piala, gold medal dan Beasiswa Poltek Astra sebesar Rp. 129 Juta sebagai bentuk apresiasi panitia terhadap pemenang lomba.  

“Seluruh prestasi yang saya dapatkan ini adalah hasil kerja keras dari banyak pihak, diantaranya pembimbing lomba dari guru SMA Laboratorium UM dan dukungan besar dari UPT Sekolah Laboratorium UM yang terus memacu semangat dalam berkompetisi,” terang Raditya di akhir sesi wawancara.

Pewarta: Luthfi Maulida Rochmah – Internship Humas UM.