Sosialisasi Brand Identity UM: Wujud Sinergi Membangun Citra Institusi
Bagikan:
Bagikan:
Malang – Sebagai upaya memperkuat identitas, sosialisasi Guideline Brand Identity berlangsung pada Selasa (16/4) di Aula Lantai 9 Gedung Rektorat. Kegiatan ini melibatkan Universitas Negeri Malang (UM) dengan dihadiri oleh Wakil Rektor IV, Kepala Subdirektorat Hubungan Masyarakat dan Kerja Sama, Kepala Subdirektorat Data dan Informasi, Kepala Seksi Humas, serta perwakilan dari berbagai fakultas dan unit di UM.
Kegiatan ini bertujuan untuk memastikan seluruh civitas akademika UM memahami pentingnya konsistensi dalam membangun citra institusi. Dalam laporan pembukaan, Perwakilan PDIP, Dr. Yuni Rahmawati, S.T., M.T. (Direktur PDIPHK) menyampaikan, “Branding UM harus dilakukan secara terkoordinasi. Tim Branding UM menyelenggarakan sosialisasi ini agar semua pihak dapat bersinergi dalam memperkuat citra institusi.”
Wakil Rektor IV UM, Prof. Ir. Arif Nur Afandi, S.T., M.T., MIAEng., MIEEE., Ph.D., dalam sambutannya menegaskan pentingnya branding sebagai identitas universitas. “UM adalah bagian dari keluarga besar kita. Branding ini akan memperkenalkan UM, tidak hanya di kalangan universitas tetapi juga hingga masyarakat luas. Identitas ini harus dikenali dan dikenalkan,” ujarnya.
Materi utama sosialisasi disampaikan oleh Dr. Andika Agung Sutrisno, S.Sn., M.Sn., anggota Tim Branding UM. Ia menjelaskan lima alasan pentingnya panduan brand identity:
Selain itu, peserta juga diperkenalkan dengan sejarah logo UM, penggunaan dan penempatannya yang benar, hingga maskot “Cakra” dan merchandise resmi UM.
Kegiatan ini sejalan dengan Sustainable Development Goals (SDGs) poin ke-4, yaitu memastikan pendidikan berkualitas yang inklusif dan merata serta mendorong kesempatan belajar sepanjang hayat. Melalui branding yang kuat, UM menunjukkan komitmennya dalam mendukung transformasi pendidikan di Indonesia.
Pewarta: Putri Wahyuni N – – Mahasiswa S1 Bahasa dan Sastra Indonesia UM
Foto: Lila Almira – Mahasiswa S1 Bahasa dan Sastra Indonesia UM
Editor: Muhammad Salmanudin Hafizh Shobirin – Humas UM