image_pdf
Direktur Sekolah Pascasarjana UM, Prof. Dr. Adi Atmoko, M.Si., M.Pd., memberikan pengarahan pada Penyusunan Laporan Akhir Pendidikan Profesi Guru (PPG) Dalam Jabatan Angkatan 3 Kemdikbudristek Tahun 2023, Rabu, 20 Maret 2024 di Hotel Ijen Suite Malang.

Penyusunan Laporan Akhir Pendidikan Profesi Guru (PPG) Dalam Jabatan Angkatan 3 Kemdikbudristek Tahun 2023 Sekolah Pascasarjana (SPs) Universitas Negeri Malang (UM) dilaksanakan dengan menghadirkan para ketua departemen, admin, dan dosen pengampu bidang studi penyelenggara PPG di lingkungan UM, Rabu, 20 Maret 2024, di Ijen Suite Hotel & Resort Malang. Ada sekitar tujuh departemen penyelanggara PPG Daljab angkatan 3 tahun 2023 ini.

Koorprodi PPG Sekolah Pascasarjana, Dr. Muhammad Alfan, S.Pd, M.Pd menyampaikan, kegiatan penyusunan laporan akhir tersebut merupakan refleksi bagi penyelenggaraan PPG, khususnya PPG Daljab Angkatan 3 Kemdikbudristek Tahun 2023, guna meningkatkan layanan kepada mahasiswa PPG dan sistem pengajaran yang semakin baik.

Koorprodi PPG Sekolah Pascasarjana, Dr. Muhammad Alfan, S.Pd, M.Pd menyampaikan tujuan kegiatan penyusunan laporan akhir PPG Daljab Angkatan 3 Tahun 2023

“Kegiatan hari ini untuk evaluasi terkait penyelenggaraan PPG yang lebih baik. Sekaligus kami juga inigin mendengar pendapat, mungkin juga kendala yang dihadapi prodi dan departemen”, jelasnya.

Kegiatan evaluasi dipandu oleh Dr. H. Edi Supriana, M.Si,yang juga merupakan Tim Pengembang PPG UM. Ketua Departemen Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) FIP UM, Dr. Pramono, S.Pd., M.Or., menyampaikan secara keseluruhan pelaksanaan PPG di lingkungan Departemen PAUD berjalan dengan lancar. Hanya saja saat ini tantangannya banyak dosen pengampu mata kuliah yang sedang tugas belajar, tetapi hal tersebut telah dilakukan kebijakan,’ jelasnya.

Dr. H. Edi Supriana, M.Si memandu kagiatan evaluasi enyusunan Laporan Akhir Pendidikan Profesi Guru (PPG) Dalam Jabatan Angkatan 3 Kemdikbudristek Tahun 2023 Sekolah Pascasarjana (SPs) Universitas Negeri Malang (UM)

Sementara itu, Direktur Sekolah Pascasarjana UM, Prof. Dr. Adi Atmoko, M.Si., M.Pd., menekankan adanya Ujian Kinerja PPG. ”Dengan penekanan pada UKIN PPG, diharapkan bahwa calon guru yang lulus ujian ini akan memiliki kompetensi yang memadai untuk menjadi pendidik yang efektif dan berkualitas, sesuai dengan tuntutan zaman dan kebutuhan pendidikan di masyarakat,’ tuturnya.

Selain itu, para mahasiswa PPG juga perlu untuk dilakukan pengutan dalam skema publikasi dan hibah  penelitian. Penguatan publikasi dan hibah penelitian bagi mahasiswa PPG akan memberikan dorongan yang signifikan dalam meningkatkan kualitas penelitian di bidang pendidikan. Dengan adanya dana hibah, mahasiswa PPG akan memiliki akses lebih besar untuk melakukan penelitian yang mendalam dan inovatif.

’’ penguatan publikasi dan hibah penelitian bagi mahasiswa PPG akan memiliki dampak positif yang signifikan dalam memperkaya dunia pendidikan dan mempersiapkan guru yang lebih berkualitas untuk masa depan,’’lanjut Prof. Adi Atmoko.

Ketua Departemen Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) FIP UM, Dr. Pramono, S.Pd., M.Or., menyampaikan pelaksanaan PPG di lingkungan Departemen PAUD

Melalui publikasi dan presentasi hasil penelitian, mahasiswa PPG akan dapat membagikan temuan dan pengetahuan praktis kepada sesama pendidik. Ha Ini akan membantu dalam meningkatkan pemahaman dan penerapan konsep-konsep pendidikan yang efektif di lapangan.

Pewarta : Suhardi – Humas UM