image_pdf
Wakil Dekan III FEB UM, Prof. Dr. Imam Mukhlis, S.E., M.M. dengan para Pemateri Seminar Internasional di Universitas Saga Jepang.

Strategic Partnership Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Universitas Negeri Malang (UM) dengan Fakultas Ekonomi Universitas Saga Jepang terjalin sejak tahun 2023 melalui kegiatan Research Collaboration yang didanai dari pihak Universitas Saga. Kegiatan yang diinisiasi dan disponsori oleh Universitas Saga tersebut melibatkan para peneliti dari kedua negara. Dari pihak FEB UM terdiri dari Wakil Dekan III FEB UM, Prof. Dr. Imam Mukhlis, S.E., M.M., dan para dosen Departemen Manajeman FEB UM, Thomas Soseco, S.E., M.Sc., Ph.D., Dr. Inayati Nuraini Dwiputri, S.Si, M.Sc., dan Lohana Juariyah, S.E.,M.Si. Sedangkan  pihak Fakultas Ekonomi Universitas Saga terdiri dari; Prof. Saliya Da Silva, Prof. Nakamura dan Prof Hayakawa.

Forum Diskusi dengan Dekan Fakultas Ekonomi Universitas Saga, Jepang.

Kegiatan penelitian tersebut bersifat multiyear hingga 2025 dengan pendanaan bersumber dari Universitas Saga. Topik bahasan dalam penelitian bersama tersebut bertajuk Migration and Economic Development in Asia : Opportunities and Challenges.

“FEB UM dan FE Universitas Saga telah menjalin kerjasama, salah satunya terkait Research Collaboration.  Kami hadir ke Universitas Saga untuk menghadiri beberpa agenda diantaranya Seminar, dan kunjungan yang sifatnya kemitraan untuk penguatan kerjasama,” jelas Wakil Dekan III FEB UM, Prof. Dr. Imam Mukhlis, S.E., M.M.

Wakil Dekan III FEB UM, Prof. Dr. Imam Mukhlis, S.E., M.M melakukan diskusi dengan Prof. Dr. Mishima Nobuo, Director of the Center for Promotion in International Exchange, Saga University Japan

Seminar Internasional di Fakultas Ekonomi Universitas Saga dilaksanakan tanggal 18 Maret 2023. Selain itu juga dilakukan kegiatan focus group discussion dalam berbagai perspektif makro dan mikro dalam kaitannya dengan pekerja migran khususnya dari Indonesia yang berada di Jepang. Kegiatan ini merupkan implementasi dari pengembangan Kerjasama Tridharma Perguruan Tinggi yang dapat meningkatkan international recognition bagi FEB UM.

Selanjutnya Prof. Dr. Imam Mukhlis melakukan pertemuan dengan Director of the Center for Promotion in International Exchange, Saga University Japan, Prof. Dr. Mishima Nobuo, yang kemudian dilanjutkan Dekan Fakultas Ekonomi Universitas Saga, Dr. Kashizawa Hideki, untuk  membahas terkait dengan kegiatan exchange student, exchange lecturer, short course program dan kerjasama strategis lainnya.

“Diskusi yang kami lalukan ini diharapkan dapat melibatkan sivitas akademika FEB UM untuk dapat berkegiatan secara internasional di Universitas Saga Jepang. Kami mengupayakan adanya kegiatan yang dapat dilakukan kedua kampus,” tambahnya.

Prof. Dr. Imam Mukhlis melakukan pertemuan dengan para Pekerja Migran Indonesia dan Mahasiswa Indonesia di Jepang

Prof. Dr. Imam Mukhlis dan rombongan juga melakukan kunjungan perusahaan  dan bertemu dengan Mr. Seizo Iida, Chairman of Iida Socks Co., Ltd., Saga, Japan. Pertemuan tersebut membahas perkembangan bisnis tekstil dan kompetensi tenaga kerja migran dari ASEAN. Kemampuan perusahaan untuk beradaptasi dengan lingkungan baru dan pasar baru menjadi kunci keberlangsungan perusahaan dalam persaingan yang ada. Kini Perusahaan tersebut telah mampu melakukan ekspor komoditi tekstil berupa alas kaki dan perlengkapan apparel Kesehatan ke negara Malaysia.

Kontributor warta : Prof. Dr. Imam Mukhlis, S.E., M.M. dan Tim