image_pdf
Kabag Kerjasama dan Humas Dra. Hj. Komariyah (tengah) saat menyampaikan sambutan

Malang. Senin (13/07) Tim Branding Universitas Negeri Malang (UM) mengadakan acara sosialisasi dan pelatihan penyusunan bahan publikasi. Digelar di aula utama Graha Rektorat lantai 9 UM, acara ini diikuti oleh total 45 peserta yang terdiri dari  para pengelola website dan media sosial di masing-masing fakultas dan unit, tim promosi, Staf Humas UM dan Internship Humas UM. Turut hadir pula Wakil Rektor IV UM Prof. Ibrahim Bafadhal, M. Pd, Kepala Bagian Kerjasama dan Humas Dra. Hj Komariyah dan Kepala Sub Bagian Humas Ifa Nur Safitri S. AP.

Dilaksanakan dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat, mulai dari kewajiban menggunakan masker hingga tempat duduk yang berjarak acara ini terbagi menjadi dua sesi. Mewakili Rektor UM, Wakil Rektor IV UM Prof. Ibrahim Bafadhal menyampaikan bahwa para pengelola media sosial UM di setiap unit harus profesional dan berhati-hati. Melalui Ruang Publikasi ini, lanjutnya diharapkan sistem publikasi di UM semakin berkembang. “jadi website di setiap unit bukan hanya diselaraskan Template nya saja, tetapi konten dan isinya juga harus selaras, sekali lagi ini dalam rangka menguatkan lembaga kita UM” ungkapnya.

Penyampaian materi oleh para pemateri

Sementara itu, Kepala Bagian Kerjasama dan Humas Dra. Hj Komariyah berharap melalui acara ini para peserta mampu mengaplikasikannya dalam mengelola website dan media sosial di masing-masing unit kerja. “sehingga semua publikasi, baik berupa poster, foto, maupun video sesia dengan Standar Operasional Prosedur (SOP) yang telah disusun oleh Tim Branding UM” jelasnya.

Sesi tanya jawab peserta dengan pemateri

Di sesi inti, ketua tim branding UM Andreas Syah Pahlevi, S.Sn, M.Sn, mengungkapkan UM sebagai salah satu kampus yang senior harus memiliki strategi branding yang baik. “acuannya sederhana, kita harus memiliki dua hal: kebanggaan internal dan kebanggaan eksternal” ujar salahsatu dosen jurusan Desain dan Komunikasi Visual ini. Di bidang desain, Yon Ade, S.Sn, M.Sn, A.C.A memaparkan materi tentang cara membuat poster bagi suatu acara. Disampaikannya, bahwa poster yang baik harus memenuhi 6 unsur, yaitu: 1) mudah dibaca, 2) ilustrasi yang menarik dan sesuai, 3) tata letak yang sesuai, 4) alur yang mudah dipahami, 5) visabilitas, dan 6) informatif.

Pewarta           : Arya Wahyu Pratama                       — Internship Humas UM

Pewarta Foto   : Fakhrun Nisa Rosyadi                      — Internship Humas UM