image_pdf
Korps Sukarela Palang Merah Indonesia (PMI) UM (paling kiri dan tengah) diwawancarai oleh Tim Humas dalam kegiatan PKKMB 2024

Malang—Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) di Universitas Negeri Malang (UM) berlanjut ke hari kedua pada Senin (19/08) di Graha Cakrawala UM. Acara ini dibagi menjadi dua sesi, di mana setiap sesi diikuti oleh 5.325 mahasiswa baru yang memenuhi gedung tersebut.

Dalam upaya memastikan kesehatan dan keselamatan mahasiswa baru selama berlangsungnya PKKMB, UM menghadirkan tim kesehatan yang siaga di berbagai titik strategis di Graha Cakrawala. Tim ini terdiri dari Korps Sukarela (KSR) Palang Merah Indonesia (PMI) unit UM, dokter dari Klinik Pratama UM, dan dosen dari Fakultas Kesehatan UM.

“Sejauh ini, kami telah menangani beberapa mahasiswa yang sempat pingsan di tengah pelaksanaan PKKMB. Tim KSR PMI unit UM selalu siap memberikan pertolongan pertama bagi mereka,” ujar Rezaldi Hafidz Fadillah, salah satu anggota tim KSR PMI UM.

Niken Ayuningtyas, penanggung jawab tim KSR PMI unit UM, menjelaskan bahwa berbagai faktor dapat mempengaruhi kesehatan mahasiswa baru, termasuk perbedaan cuaca antara kampung halaman mereka dengan Kota Malang. “Banyak mahasiswa baru yang berasal dari daerah dengan cuaca panas, yang sangat berbeda dengan Kota Malang yang lebih sejuk. Mereka masih perlu beradaptasi dengan suhu di sini,” tambah Niken.

Selain faktor cuaca, Niken juga mencatat bahwa pola makan yang tidak teratur dapat memengaruhi kesehatan peserta PKKMB. “Kami sangat menganjurkan seluruh mahasiswa baru untuk menjaga pola makan selama PKKMB. Jangan sampai terlambat makan, dan pastikan tidur teratur agar stamina tetap terjaga,” pesannya.

Sebagai penutup, Rezaldi dan Niken mengundang mahasiswa baru yang tertarik dengan dunia kesehatan dan berminat memberikan pertolongan pertama secara sukarela untuk bergabung dengan KSR PMI unit UM. Organisasi ini akan membuka pendaftaran bagi anggota baru pada awal semester genap mendatang, terbuka bagi semua jurusan di UM, tanpa harus berasal dari latar belakang pendidikan kesehatan.

Dukungan kesehatan yang diberikan oleh KSR PMI ini tidak hanya menjaga kesehatan mahasiswa baru, tetapi juga mendukung adaptasi mereka terhadap lingkungan kampus yang baru.

Pewarta: Hania Nuha Tsabita – Internship Humas UM
Editor: Muhammad Salmanudin Hafizh Shobirin – Humas UM