image_pdf

Departemen Seni dan Desain Fakultas Sastra (FS) Universitas Negeri Malang (UM) menyelenggarakan kuliah tamu bertajuk “Develop, Organize, and Build Business Through your Art” yang diadakan pada hari Rabu (22/02) di aula gedung A20 Ruang EDU-TV. Acara tersebut diisi oleh Nelson Ferreira, seorang praktisi seni global yang terkenal. 

Acara diawali dengan sambutan Wakil Dekan II FS UM, Dr. Edy Hidayat, S.Pd, M.Hum., yang mengatakan bahwa acara kuliah tamu kali ini bertujuan untuk meningkatkan apresiasi dan ekspresi terhadap karya seni. “Kegiatan ini dilaksanakan untuk dapat memberi gambaran bagi kita bagaimana cara mengapresiasi dan mengekspresikan suatu karya seni,” ujarnya sekaligus sebagai pembuka acara.

Kuliah tamu ini memberikan pengalaman dan pengetahuan yang berharga bagi para mahasiswa dan dosen di Departemen Seni dan Desain khususnya program studi S1 Pendidikan Seni Rupa, S1 Desain Komunikasi Visual, dan D4 Animasi. Kuliah tamu ini diikuti oleh puluhan mahasiswa dan beberapa dosen Departemen Seni dan Desain FS UM. Fokus kuliah tamu ini adalah pengaplikasian langkah-langkah dalam seni menggambar manual dengan langsung melihat model gambar secara detail dan rasional dengan 3 pose yang berbeda.

Dosen D4 Animasi, Dimas Rifqi Novica, S.Sn., M.Ds., mengatakan, “Kami menggelar kegiatan ini untuk meningkatkan kemampuan mahasiswa Seni dan Desain FS UM dalam menggambar manual di tengah kemudahan-kemudahan digital yang ada. Menurut saya, mahasiswa sekarang kurang mampu menggambar manual, namun sangat mampu dalam menggambar melalui software. Untuk itu, perlu peran praktisi seni yang mumpuni seperti Nelson Ferreira.”

Tidak jauh berbeda, Nelson Ferreira, pakar menggambar di Industrial Light and Magic milik Walt Disney Company, menyatakan pentingnya peran seorang guru untuk menghasilkan seniman yang berbakat dan andal. “The best teacher you have, can influence you to improve your skills in art,” ujarnya.

Lebih lanjut, Dimas selaku dosen D4 Animasi FS UM berharap agar mahasiswa dapat menghasilkan karya yang lebih baik kedepannya. “Harapan saya mahasiswa akan bisa menggambar sehingga mahasiswa dapat berpikir lebih dalam tentang seni dan desain kemudian menghasilkan karya-karya yang lebih bagus,” pungkas Dimas. 

Acara ini diakhiri dengan pemberian masukan atas hasil karya para mahasiswa oleh Nelson Ferreira dan beberapa dosen Departemen Seni dan Desain FS UM. Para mahasiswa antusias memperhatikan saran dan masukan tersebut agar selanjutnya dapat membuat karya seni yang lebih baik. Setelah itu, acara diakhiri dengan foto bersama.

Pewarta: Paundra Wangsa Fajar Kusuma – Internship Humas UM

Editor: Luthfi Maulida Rochmah