image_pdf
Peserta Tes Seleksi Penerimaan Pegawai Tidak Tetap (PTT) serius mengerjakan soal tes berbasis komputer

Universitas Negeri Malang (UM) merupakan salah satu perguruan tinggi terbaik di Malang Raya yang berkomitmen dalam memberikan pelayanan terbaik bagi mahasiswa secara berkelanjutan. Pada Senin 24 Juni 2024, UM mengadakan seleksi penerimaan Pegawai Tidak Tetap (PTT) bagian laboran dan auditor. Proses seleksi dilaksanakan selama satu hari di gedung GKB A19. Terdapat tiga tes yang dilaksanakan, yaitu tes Seleksi Kemampuan Dasar (SKD), tes wawancara dan tes praktek calon PTT.

Dalam wawancaranya bersama Tim Humas UM, Wakil Rektor (WR) II UM, Prof. Dr. Puji Handayati, S.E.Ak, M.M., CA, CMA menyatakan bahwa seleksi PTT dilaksanakan pada tiga lantai yang berbeda didalam gedung GKB A19, yaitu lantai 8 dan 9 untuk tes SKD serta lantai 7 untuk tes wawancara dan praktik PTT. “Untuk tes wawancara ini nanti didalamnya juga terdapat tes psikologi bagi para peserta tes seleksi PTT,” tutur WR II UM.

Prof. Puji mengatakan, “Bertambahnya jumlah pensiunan laboran dan auditor menyebabkan perlu adanya rekrutmen pegawai baru untuk menjaga mutu pelayanan di UM”. Adapun PTT yang dibutuhkan UM yaitu sebanyak sebelas pegawai dengan kompetensi tertentu. “Formasi yang dibutuhkan yaitu 4 laboran Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA), 4 laboran Fakultas Teknik (FT), 1 laboran Fakultas Ilmu Sosial (FIS), dan 2 auditor badan pengawas internal,” jelas Prof. Dr. Puji.

Wakil Rektor (WR) II UM, Prof. Dr. Puji Handayati, S.E.Ak, M.M., CA, CMA (kanan) saat diwawancari oleh Tim Humas UM

Berdasarkan pernyataan WR II UM terdapat 503 pelamar yang mengikuti seleksi sehingga persaingan pada seleksi rekrutmen PTT kali ini sangat ketat. “Melihat banyaknya jumlah pelamar yang tidak sebanding dengan lowongan yang dibuka, membuat kami berharap untuk pegawai yang lolos nantinya merupakan yang terbaik sehingga bisa menjaga mutu pelayananan di UM,” tutur WR II UM.

Prof Dr. Puji kemudian menjelaskan bahwa terdapat beberapa syarat khusus bagi pelamar di bagian laboran maupun auditor. “Sesuai permintaan dari fakultas, khusus untuk laboran FMIPA itu disarankan tidak buta warna karena nantinya akan sangat beresiko jika terjadi sesuatu yang tidak diinginkan di laboratorium,” jelas Prof. Puji. Untuk bagian auditor, Prof. Puji juga menegaskan bahwa diharuskan memiliki pengalaman sebagai seorang auditor.

Hasil seleksi PTT ini akan diumumkan pekan depan. “Laboran dan juga auditor yang baru memang disiapkan untuk bisa mengakomodir mahasiswa baru 2024 sehingga hasil seleksi akan diumumkan minggu depan,” jelas Prof. DR. Puji. Guru besar bidang Ilmu Manajemen Ekonomi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) UM tersebut berharap dengan adanya seleksi PTT kali ini bisa menampilkan wajah-wajah pegawai baru yang penuh semangat, bisa berkoordinasi dan berkontribusi dengan baik bersama pihak kampus untuk menjaga mutu pelayanan UM.

Pewarta: Adam Gunawan – Internship Humas UM

Editor: Muhammad Salmanudin Hafizh Shobirin – Humas UM