image_pdf
Universitas Negeri Malang (UM) sepakati kerjasama dengan Universitas Katolik Indonesia Santo Paulus Ruteng

Universitas Negeri Malang (UM) sepakati kerjasama dengan Universitas Katolik Indonesia Santo Paulus Ruteng pada Senin (04/09/2023) untuk pelaksanaan pelatihan tenaga laboratorium drama kepada dosen Universitas Katolik Indonesia terkait pengelolaan dan penggunaan peralatan laboratorium. Penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) ini dilaksanakan di Ruang Rapat Sidang lantai 9 Graha Rektorat. Di sisi lain, salah satu bentuk kerjasama ini juga memberikan kemungkinan pengiriman para dosen Universitas Katolik Indonesia Santo Paulus Ruteng guna melanjutkan studi mereka di Pascasarjana Fakultas Sastra UM, khususnya di program studi Pendidikan Bahasa Indonesia dan Pendidikan Bahasa Inggris.

“Kami menyadari bahwa UM ini merupakan universitas besar yang memiliki dedikasi tinggi dalam mengembangkan potensi akademik dan penelitian. UM juga memberikan jasa yang besar terhadap kampus kami. Karena lebih dari 50% dosen kami merupakan alumni UM, baik dari S2 maupun S3. Sekali lagi kami mengucapkan limpah terima kasih karena UM telah berkontribusi terhadap pendidikan di wilayah timur,” ungkap Dr. Wahyuni Purnami, S.P., M.Pd., Sekretaris Warek II bidang SDM dan Keuangan Universitas Katolik Indonesia Santo Paulus Ruteng.

Universitas Negeri Malang (UM) sepakati kerjasama dengan Universitas Katolik Indonesia Santo Paulus Ruteng

“Tentunya dari agenda kerjasama ini, masih ada banyak hal yang bisa kita lakukan bersama-sama. Karena di Flores ini sendiri, masih kental sekali kearifan lokal dan budayanya. Sehingga ini bisa kita kaji bersama, baik dari tokoh adat yang masih memberikan pengaruh bagi masyarakat maupun peningkatan pendidikan di sekolah-sekolah,” imbuh Dr. Wahyuni Purnami, S.P., M.Pd. 

Menanggapi hal tersebut, Rektor UM juga menyampaikan juga memiliki keinginan bahwa dari kegiatan ini nanti akan hadir banyak kolaborasi diantara kedua belah pihak “Saya menaruh harapan dengan adanya kerjasama ini kedepannya kita bisa melakukan penelitian dan pengabdian masyarakat di wilayah Indonesia bagian timur. Saya juga berharap semoga kolaborasi ini membuat persaudaraan antara UM dengan Universitas Katolik Indonesia Santo Paulus Ruteng semakin erat dan menguntungkan bagi kedua pihak,” tutur Prof. Dr. Hariyono, M.Pd.

Tentu ini sebagai perwujudan dari visi misi UM, bahwa UM akan senantiasa menjadi kampus yang unggul dan menjadi rujukan nasional maupun internasional. “Kami berharap kerjasama ini bukan yang pertama, akan tetapi menghadirkan kerjasama lainnya antara Fakultas Sastra UM Universitas Katolik Indonesia Santo Paulus Ruteng, mungkin dengan microteaching, pertukaran mahasiswa, pertukaran dalam hal mengajar. Ini kan juga masih menjadi tahap awal. Tadi kami juga sempat membicarakan terkait rancangan kemungkinan kerjasama, seperti pendampingan penulisan publikasi dan lain sebagainya,” ungkap Dekan Fakultas Sastra UM, Dr. Moch. Syahri, S.Sos., M.Si. yang juga turut hadir dalam agenda MoU ini.

Pewarta : Hania Nuha Tsabita – Internship Humas UM

Editor: Luthfi Maulida Rochmah