image_pdf
Wakil Rektor IV UM, Prof. Arif Nur Afandi, S.T., M.T., MIAEng, Ph.D berbagi pengalaman optimalisasi layanan keterbukaan informasi publik dengan Universitas Trunojoyo Madura (18/9/2024)

Surabaya –Universitas Negeri Malang (UM) berbagi pengalaman optimalisasi layanan keterbukaan informasi publik dengan Universitas Trunojoyo Madura (Unijoyo). Kegiatan yang digelar melalui Forum Diskusi Pemahaman Keterbukaan Informasi Publik dan Unit Layanan Terpadu ini diselenggarakan di Hotel Swiss Bell Surabaya, Rabu, 18 September 2024. Acara ini dihadiri oleh para Pimpinan dan para pengelola layanan informasi publik dilingkungan Unijoyo.

Dalam paparanya, Wakil Rektor IV UM, Prof. Arif Nur Afandi, S.T., M.T., MIAEng, Ph.D menegaskan pentingnya komitmen dan kepedulian para pimpinan universitas dalam memenuhi mandat Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik. Beliau juga menyampaikan bahwa saat ini transformasi layanan publik menjadi sebuah keniscayaan. Perguruan tinggi harus mampu beradaptasi dengan perkembangan zaman melalui layanan konvensional, layanan online, serta integrasi antara keduanya.

“Untuk menjadi badan publik yang informatif, kita perlu menghadirkan layanan yang responsif terhadap kebutuhan masyarakat. Integrasi antara layanan konvensional dan online menjadi langkah penting untuk memastikan akses informasi yang lebih cepat, transparan, dan akurat,” jelasnya.

Harapannya, UM dan Universitas Trunojoyo Madura berkomitmen penuh dalam menjalankan amanat undang-undang tersebut. Dengan langkah ini, kedua universitas diharapkan mampu memenuhi ekspektasi publik terhadap akses informasi yang transparan dan bertanggung jawab.

‘’’Kepedulian dan komitmen  hal yang tidak bisa terpisahkan. Untuk mewujudkan iklim layanan yang informatif, pimpinan harus ikut turun ke bawah, untuk menyentuh hal terkecil sekalipun. Sehingga bonding seperti ini akan menjadi spirit tim dalam menjalankan perannya sebagai pelayan publik,’’ lanjutnya.

Sehari sebelumnya (17/9/2024) pada forum ini juga menghadirkan Ketua Komisi Informasi Pusat RI, Dr. Donny Yoesgiantoro.

Acara ini juga diharapkan dapat meningkatkan pemahaman dan kesadaran seluruh unit layanan terpadu di perguruan tinggi mengenai pentingnya keterbukaan informasi, serta memacu peningkatan layanan kepada masyarakat secara lebih baik, profesional, dan informatif.

Pewarta : Suhardi – Humas UM