image_pdf
Wakil Presiden Republik Indonesia, Prof. Dr. K.H. Ma’ruf Amin memberikan sertifikat penghargaan kepada Rektor UM, Prof. Dr. Hariyono, M.Pd., di Istana Wakil Presiden RI, jl. Kebon Sirih No. 14 Jakarta, 19/12/2023. UM sebagai badan publik dengan kualifikasi Informatif terbaik tahun 2023.

Jakarta- UM (Universitas Negeri Malang) kembali menorehkan prestasi gemilang dengan meraih anugerah keterbukaan informasi publik kategori informatif untuk yang keempat kalinya sejak tahun 2020 dari Komisi Informasi Pusat RI. Bahkan tahun 2023 ini, UM merupakan perguruan tinggi negeri terbaik kategori informatif untuk kedua kalinya secara berturut-turut. Penghargaan ini diberikan oleh Wakil Presiden Republik Indonesia, Prof. Dr. K.H. Ma’ruf Amin kepada Rektor UM, Prof. Dr. Hariyono, M.Pd., di Istana Wakil Presiden RI, jl. Kebon Sirih No. 14 Jakarta, 19/12/2023.

Berdasarkan Keputusan Komisi Informasi Pusat Republik Indonesia Nomor: 17/KEP/KIP/XII/2023 tentang Hasil Monitoring dan Evaluasi Keterbukaan Informasi Publik pada Badan Publik Tahun 2023, UM memperoleh skor 99,29, disusul UGM memperoleh skor 98,44 dan UB dengan skor 98,30.

Penganugerahan ini sebagai pengakuan atas komitmen UM dalam memberikan pelayanan informasi publik yang akurat, transparan, informatif, inovatif, dan menjunjung tinggi kepatuhan atas undang-undang keterbukaan informasi, serta memberikan aksesibilitas masyarakat untuk mendapatkan hak informasi publik dengan mudah.

Rektor UM, Prof. Dr. Hariyono, M.Pd., didampingi Direktur DIPHK UM, Dr.Yuni Rahmawati, S.T., M.T, Staf Seksi Humas, Suhardi, S.Pd, dan Intan Kafitasari, S.S., menghadiri Penganugerahan Keterbukaan Informasi Publik di Istana Wakil Presiden, Jakarta.

Ketua Komisi Informasi Pusat RI, Dr. Ir. Donny Yoesgiantoro, M.M.,M.P.A menyampaikan Monitoring dan Evaluasi Keterbukaan Informasi Publik Tahun 2023 merupakan kegiatan yang ke 13 kali. Pada Tahun 2023, monitoring dan evaluasi dilakukan kepada 369 (tiga ratus enam puluh sembilan) Badan Publik yang meliputi Kementerian, Lembaga Negara dan Lembaga Pemerintah Non Kementerian, Lembaga Non Struktural, Pemerintah Provinsi, Badan Usaha Milik Negara,Perguruan Tinggi Negeri, dan Partai Politik.

“Dapat kami laporkan kepada Bapak Wakil Presiden, bahwa jumlah Badan Publik yang mendapatkan kualifikasi informatif berjumlah 139 (seratus tiga puluh sembilan) atau 37,7% dari 369 (tiga ratus enam puluh sembilan), naik secara signifikan dari tahun 2022 yaitu 122 (seratus dua puluh dua) badan publik dari 372 (tiga ratus tujuh puluh dua). Meskipun demikian, masih terdapat 174 (seratus tujuh puluh empat) Badan Publik yang kami nilai belum mematuhi tata Kelola keterbukaan informasi sehingga kami beri predikat kurang dan tidak informatif,” jelasnya.

Pada kesempatan ini kami juga mengundang secara langsung para Kepala Desa yang kami nilai layak disebut sebagai Desa Transparan atau Desa yang secara substansi telah menjalankan keterbukaan informasi. Para Kepala Desa yang kami hadirkan berasal dari beberapa daerah seperti dari Aceh, Kalimantan, Sumatera, Papua dan beberapa wilayah lainnya.

“Harapan kami, dengan pemberian penghargaan kepada Kepala Desa oleh Bapak Wakil Presiden dapat menunjukan komitmen dan kedekatan Pemerintah Desa yang mewakili rakyat di wilayahnya, sekaligus menjadi motivasi bagi para kepala desa lain untuk menjalankan keterbukaan informasi. Karena keterbukaan informasi di desa tak lain dan tak bukan adalah bagian dari jalan menuju kesejahteraan,” tambahnya.

Sementara itu, Wakil Presiden RI, Prof. Dr. K.H. Ma’ruf Amin menyampaikan bahwa banyak capaian yang diraih dalam membangun sistem keterbukaan informasi publik. “Transparansi informasi adalah jalan untuk merawat demokrasi yang tujuan akhirnya untuk meningkatkan kesejahteraan rakyat dan setelah lebih dari satu dekade kita berupaya membangun sistem keterbukaan informasi publik, Alhamdulilah telah banyak capaian yang kita raih”, ucap Prof. Ma’ruf.

“Saya sangat senang mendengar tingkat lembaga keterbukaan informasi terbentuk hampir diseluruh provinsi di Indonesia. Saya juga senang mendengar tingkat kepatuhan badan publik dalam melaksanakan keterbukaan informasi publik semakin baik. Indikasinya jumlah badan publik yang menyandang kategori informatif bertambah secara signifikan. Pada tahun 2018 hanya 15 badan publik, tapi pada tahun 2023 jumlahnya melonjak 139 badan publik yang informatif”, tambahnya.

Menaggapi hasil ini, Rektor UM, Prof. Dr. Hariyono, M.Pd, menyampaikan rasa syukur dan bangga atas pencapaian ini. ” kita ucapakan syukur dan terima kasih tahun ini dan tahun lalu UM menjadi yang terbaik, ini adalah hasil kerja keras teman-teman untuk menjalankan amanah konstitusi, yaitu kita sebagai lembaga publik harus bisa memberikan layanan kepada publik. Salah satunya layanannya adalah kita bisa melakukan transparansi layanan yang bersifat strategis, agar publik bisa mengetahui apa yang telah dilakukan dan yang akan dilakukan oleh UM,” terang Rektor UM.

“Sebagai bangsa yang merdeka, maka informasi itu harus terbuka, dan informasi yang terbuka itu digunakan untuk pengembangan diri dan institusi, agar ke depan kita menjadi institusi yang akuntabel dalam menjalankan tugas dan fungsi yang diamanahkan kepada kita, khususnya dalam upaya mencerdaskan kehidupan bangsa,” lanjutnya.

Hasil evaluasi dan monitoring tahun Ini adalah bukti nyata dari komitmen kami untuk senantiasa memberikan layanan terbaik kepada masyarakat, sekaligus menjalankan prinsip-prinsip keterbukaan informasi publik yang telah diamanatkan oleh undang-undang,” ujarnya.

Penghargaan ini bukan hanya sebatas bentuk apresiasi semata, tetapi juga mencerminkan dedikasi UM dalam mengoptimalkan akses masyarakat terhadap informasi-informasi penting terkait kegiatan universitas. Melalui kebijakan keterbukaan informasi yang transparan, UM terus berupaya memastikan bahwa seluruh informasi yang relevan dan bermanfaat dapat diakses dengan mudah oleh pihak-pihak yang berkepentingan.

UM menempatkan keterbukaan informasi sebagai salah satu nilai utama dalam menjalankan aktivitas akademik, penelitian, dan pengabdian masyarakat. Kampus ini secara aktif menyediakan informasi-informasi terkini mengenai program studi, kegiatan mahasiswa, dan berbagai informasi publik yang merupakan hak dari masyarakat.

Prestasi ini semakin memperkuat posisi UM sebagai lembaga pendidikan yang tidak hanya unggul dalam aspek akademik tetapi juga dalam praktik-praktik tata kelola dan pelayanan masyarakat. Kiprah positif UM dalam membangun kultur dan budaya keterbukaan informasi diharapkan semakin mendekatkan masyarakat untuk bersinergi membangun kolaborasi untuk memajukan bangsa dan negara.

Pewarta : Suhardi – Humas UM