image_pdf

Malang – Rendahnya kesadaran bela negara serta belum optimalnya kurikulum pendidikan dan pembinaan bela negara mendorong Universitas Negeri Malang (UM) melaksanakan kegiatan Pelatihan Bela Negara Peserta Program Beasiswa ADik Papua dan Papua Barat Tahun 2022. Berakar dari latar belakang tersebut, UM melalui kegiatan pelatihan bela negara ini berkomitmen untuk menanamkan pentingnya pengetahuan bela negara bagi setiap mahasiswa di era globalisasi. Tema yang diangkat dalam pelatihan ini adalah “Bela Negara dan Wawasan Kebangsaan” dan akan dilaksanakan di Dodik Bela Negara Resimen Induk Kodam V / Brawijaya pada Kamis hingga Sabtu (24 – 26 November 2022)

Sasaran kegiatan ini merupakan 112 mahasiswa Program Afirmasi Pendidikan Tinggi (ADik) Papua dan Papua Barat Kota Malang Jawa Timur yang tersebar di berbagai universitas, diantaranya yaitu di Universitas Negeri Malang (UM) sebanyak 40 mahasiswa, Universitas Brawijaya (UB) sebanyak 41 mahasiswa, Politeknik Negeri Malang (Polinema) sebanyak 15 mahasiswa, dan Universitas Widya Karya sebanyak 16 mahasiswa. Materi yang disampaikan dalam kegiatan ini sangat beragam, diantaranya yaitu; Wawasan Kebangsaan, Pancasila, Pengetahuan tentang Bela Negara, Kepemimpinan, Kesiapsiagaan, Kedisiplinan, NKRI, Cinta Tanah Air, Dinamika Kelompok, Metode Pemecahan Masalah, Proxy War, ASBN, PBB, dan Survival. Adanya materi-materi ini diharapkan mampu memberikan pengetahuan dan menumbuhkembangkan sikap dan perilaku mahasiswa yang memiliki kecintaan kepada tanah air, kesadaran berbangsa dan bernegara, setia pada Pancasila, rela berkorban untuk bangsa dan negara, serta mempunyai kemampuan awal bela negara.

Terlaksananya kegiatan ini merupakan sebuah kolaborasi dari berbagai pihak perguruan tinggi di Kota Malang yang saling bersinergi dengan baik. “Saya mengucapkan terima kasih banyak kepada universitas mitra dan semua yang terlibat pada kegiatan ini. Semoga acara ini dapat menghasilkan output seperti yang telah direncanakan dan dapat berjalan dengan lancar dari awal hingga akhir” jelas Hendra Susanto, S.Pd., M.Kes., Ph.D., 

Internship Humas UM – Rani Destia Wahyuningsih & Nawal Kamilah Ismail