image_pdf

Universitas Negeri Malang (UM) terima kunjungan kerja Pemerintah Kabupaten Barito Selatan. Acara ini dilaksanakan pada hari Senin (18/12/2023) di Ruang Sidang Rektor, Graha Rektorat Lantai 8. Kegiatan ini dihadiri Rektor UM serta didampingi para wakilnya untuk memberikan sambutan yang hangat kepada Bupati Kabupaten Barito Selatan beserta jajarannya dengan tujuan untuk menjalin kerjasama antara UM dengan Pemerintah Kabupaten Barito Selatan. 

“Kami telah memetakan delapan prioritas Kabupaten Barito Selatan yang telah kami buat dalam Rancangan Pembangunan Daerah (RPD). Point pertama menjadi sorotan bagi kami ialah penguatan birokrasi, peningkatan kualitas sumber daya manusia (SDM), dan perbaikan pelayanan publik. Demi mewujudkan generasi muda Kabupaten Barito Selatan yang sehat, cerdas, dan berakhlak karimah, kami berencana menjalin kerjasama dengan beberapa perguruan tinggi,” tutur Dr. H. Deddy Winarwan, M.Si selaku Bupati Kabupaten Barito Selatan. Dalam sambutannya, beliau juga menyampaikan kondisi wilayah yang sedang  dinaunginya, “Mirisnya, daerah Kabupaten Barito Selatan masuk ke dalam salah satu daerah dengan angka penduduk yang mengalami stunting tertinggi nomor dua di Kalimantan Tengah. Sehingga menimbulkan pertanyaan, ketika anak kita cerdas tetapi tidak sehat, bagaimana bisa mewujudkan kecerdasan itu? Oleh karena itu, kami memfokuskan untuk memberikan beasiswa dengan pendidikan yang terbaik bagi masyarakat. Kami memilih UM menjadi salah satu perguruan tinggi yang dipercaya sebagai tempat mengemban ilmu pendidikan bagi penerima beasiswa.”

“Kunjungan ini tidak hanya sekedar untuk menyambung tali silaturahmi. Akan tetapi, juga untuk membuat payung kerjasama melalui Memorandum of Understanding (MoU) bersama Pemerintah Kabupaten Barito Selatan. Melalui penandatanganan berkas MoU ini kami telah bersepakat bagaimana UM bisa ikut berpartisipasi dan berkontribusi dalam bidang penelitian, pendidikan, dan pengabdian masyarakat. Begitupun sebaliknya, Pemerintah Kabupaten Barito Selatan bisa memaksimalkan sumber daya manusia (SDM) dan fasilitas yang ada di UM untuk kemajuan bangsa Indonesia yang lebih baik,” pungkas rektor UM, Prof. Dr. Hariyono, M.Pd.

Pewarta: Hania Nuha Tsabita – Internship Humas UM

Editor: Muhammad Salmanudin Hafizh Shobirin – Humas UM