UM Smart Classroom VR Tingkatkan Pembelajaran Bisnis Properti
Bagikan:
Bagikan:
Malang – Teknologi terus berkembang pesat, membawa dampak signifikan pada dunia pendidikan. Salah satu inovasi terkini yang lahir dari kolaborasi antara pendidikan dan teknologi adalah Smart Classroom berbasis Virtual Reality (VR). Inovasi ini secara resmi diluncurkan di Universitas Negeri Malang (UM) pada Kamis (24/10/2024). Proyek tersebut merupakan hasil kerja sama antara dua dosen UM, Dr. Eng. Muhammad Ashar, S.T., M.T., dan Dr. Eng. Didik Dwi Prasetya, S.T., M.T., serta mahasiswanya dari Teknik Elektro, Firzon Ainur Roziqin.
Firzon menjelaskan, “Pengembangan Smart Classroom ini adalah upaya kami dalam menyediakan solusi pembelajaran yang lebih interaktif di bidang bisnis properti. Dengan memanfaatkan teknologi VR dan gamifikasi, sistem ini mensimulasikan pengalaman nyata dalam mengelola dan memasarkan properti, sehingga mahasiswa dapat memahami konsep secara lebih praktis dan visual.”
Uji coba pertama dilakukan pada Agustus di Universitas Islam Malang (Unisma) di Program Studi Teknologi Pendidikan. Hasilnya menunjukkan bahwa teknologi VR mampu meningkatkan keterlibatan dan pemahaman mahasiswa terkait bisnis properti yang kompleks. “Teknologi ini sangat membantu mahasiswa memahami konsep-konsep yang sulit dipahami hanya melalui teori,” tambahnya.
Selain itu, Smart Classroom juga dipamerkan kepada publik di acara Malang Town Square (Matos) pada bulan berikutnya. Pengunjung dapat mencoba langsung bagaimana teknologi VR ini bekerja dalam simulasi bisnis properti. Kesempatan ini memberikan wawasan baru tentang bagaimana teknologi bisa diterapkan dalam dunia pendidikan. Teknologi ini juga diperkenalkan dalam Workshop Pelatihan Virtual Reality yang diselenggarakan di Institut Teknologi Nasional Malang, di mana peserta dari berbagai latar belakang bisa langsung merasakan kecanggihan sistem ini.
Keberhasilan proyek ini sejalan dengan tujuan Sustainable Development Goals (SDGs) nomor 4, yakni memastikan pendidikan yang berkualitas dan inklusif. Dengan adanya teknologi seperti Smart Classroom berbasis VR, pembelajaran menjadi lebih menarik, interaktif, dan aksesibel bagi semua kalangan.
Firzon berharap bahwa peluncuran ini menjadi langkah besar dalam memajukan pendidikan di Indonesia, khususnya di bidang bisnis properti. “Kami optimistis inovasi ini dapat diterapkan lebih luas di berbagai institusi pendidikan dan sekaligus mengukuhkan UM sebagai pionir dalam pengembangan teknologi pendidikan berbasis VR dan gamifikasi,” pungkas Firzon.
Keberlanjutan dan pengembangan Smart Classroom ini diharapkan mampu menjadi solusi pembelajaran modern yang efektif serta mampu mendukung tercapainya SDGs melalui peningkatan kualitas pendidikan.
Pewarta: Luthfi Maulida Rochmah – Mahasiswa S2 Manajemen Pendidikan UM
Editor: Muhammad Salmanudin Hafizh Shobirin – Humas UM