image_pdf

PT. Penerbit Erlangga secara resmi menandatangani naskah kerjasama dengan Universitas Negeri Malang (UM) sebagai upaya untuk meningkatkan kualitas referensi dan sumber rujukan pendidikan terutama pada perguruan tinggi. 

Kegiatan penandatanganan naskah kerjasama ini dilaksanakan di Gedung Kuliah Bersama (GKB) ruang 309 pada Selasa (12/12). Kegiatan ini dihadiri oleh Kepala LPPP UM, perwakilan UM dan PT. Penerbit Erlangga cabang Malang. 

Arif Subagyo selaku kepala cabang Penerbit Erlangga memaparkan bahwa Penerbit Erlangga kali ini menerbitkan sekitar 6 judul buku pada mata kuliah yang ada.

“Mulai dari 1952, ini menjadi sejarah kami bahwa dahulu kala juga kami menerbitkan buku yang berfokus pada pendidikan, sehingga ini bukan sesuatu yang baru bagi kami,” ujar Arif.

Selanjutnya, ketua Lembaga Pengembangan Pendidikan dan Pembelajaran UM (LPPP UM) memberikan penjelasan bahwa kerjasama seperti ini harus terus diorientasikan sebagai bentuk program pendidikan yang berkelanjutan dan berkualitas. 

“UM memiliki fakultas dan program studi yang beragam, mulai dari yang berbasis ilmu pengetahuan murni hingga vokasi. Buku-buku ini bisa menjadi referensi yang akurat, karena sebenarnya sumber belajar mahasiswa bukan hanya dari dosen saja. Buku bisa menjadi objek rujukan yang berkualitas, tetapi kita juga harus memiliki kesadaran untuk meningkatkan literasi membaca,” pungkas beliau. 

Agenda ini masih berada di perjanjian kerjasama (PKS). PKS ini bersifat rencana kerjasama dan belum bersifat implementation agreement. Ketika nanti kerjasama sudah bersifat komersil, maka harus memiliki laporan untuk nominal penjualan dan besarannya. 

“UM menjadi salah satu PTN-BH. Kita mendapat mandat untuk mengelola operasional sendiri, terutama pada aspek-aspek pengelolaan keuangannya. Oleh sebab itu, kerjasama seperti ini akan menjadi sesuatu yang sangat berharga dan dipastikan juga bermanfaat bagi sivitas akademika. Selain itu, perlu diingat untuk senantiasa memperhatikan regulasi dan kebijakan yang ada,” tutup Prof. Hardika.

Pewarta: Muhammad Daffa Pradana – Internship Humas UM

Editor: Muhammad Salmanudin Hafizh Shobirin – Humas UM