image_pdf
Wakil Rektor I dan Wakil Rektor III UM beserta pimpinan yang membawahinya bersama Wakil Rektor IV UNISMA pada saat peninjauan kegiatan UTBK 2021

MALANG – Universitas Negeri Malang (UM) berkunjung ke Universitas Islam Malang (UNISMA) sebagai agenda Monitoring Evaluasi (Monev) Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) 2021 pada hari ketiga gelombang pertama, Rabu, 14 April 2021 pukul 8.00 WIB. Kunjungan Monev ini dihadiri oleh oleh sejumlah pimpinan UM, diantaranya ialah Wakil Rektor I Prof. Dr. Budi Eko Soetjipto, M.Ed., M.Si., Wakil Rektor III Dr. Mu’arifin, M.Pd., dan. Hal ini dilakukan untuk mengantisipasi dan memastikan bahwa kegiatan UTBK berjalan sesuai rencana.

Wakil Rektor IV, Dr. Ir. Hj. Istirochah Pujiwati, M.P., mengatakan bahwa terkait koordinasi pelaksanaan UTBK sudah dilaksanakan sejak diinformasikan bahwa UM hendak bermitra dengan UNISMA dalam pelaksanaan UTBK 2021. “Kita langsung ready, menyiapkan spek yang diminta oleh pihak UM,” sambungnya memaparkan.

Sosok penanggung jawab utama dalam kelembagaan, publikasi, dan teknologi informasi pada kampus UNISMA tersebut juga mengatakan bahwa dalam upaya mempersiapkan pelaksanaan UTBK 2021, UNISMA juga mengevaluasi beberapa laboratorium yang layak digunakan. Melalui evaluasi tersebut, diputuskan sejumlah 165 komputer yang akan dioperasikan dan 34 komputer sebagai perangkat cadangan.

Jajaran pimpinan UM dan UNISMA dalam rangka kunjungan ke kampus mitra UTBK 2021

“Sejak sebulan sebelum kegiatan, kita sudah diajak koordinasi dengan Pak WR (red: Wakil Rektor) I UM, kesediaannya, kemudian tim saya dibagian IT langsung mengevaluasi,” lanjut Istirochah menjelaskan.

Sehubungan dari pelaksanaan koordinasi itu sendiri, Istirochah juga menjelaskan bahwa pada awalnya mekanisme koordinasi dilakukan secara daring melalui platform video conference Zoom yang diikuti oleh beberapa pimpinan bersangkutan dari tiga kampus mitra, salah satunya UNISMA, dan dua lainnya ialah Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) dan Universitas Merdeka (UNMER).

“Kemudian couching dengan pengawas dilakukan secara daring (red: dalam jaringan), karena pengawas kita ada delapan puluh empat, kemudian koordinasi bagian IT dilakukan secara luring (red: luar jaringan),” jelas Wakil Rektor IV UNISMA tersebut.

Ia juga mengatakan bahwa pelaksanaan UTBK 2021 pada saat itu sudah berjalan sesuai rencana, bahkan sangat sesuai dan lebih baik dari yang diperkirakan, sebagaimana hal ini merupakan kedua kalinya UNISMA menjadi kampus mitra UM dalam pelaksanaan UTBK pada masa pandemi sehingga UNISMA pun sangat disiplin dalam menerapkan protokol kesehatan yang berlaku.

Pewarta: Afica Dela Vega – Internship Jurnalis Humas UM