image_pdf

Malang. Universitas Negeri Malang (UM) kembali menggelar pelaksanaan wisuda ke-97 di Graha Cakrawala pada Sabtu (13/7). Kegiatan yang juga kerap disebut sebagai pelepasan mahasiswa secara resmi ini dihadiri oleh Rektor UM, Ketua Senat, segenap anggota senat, ketua ikatan alumni, pejabat struktural, dosen dan tenaga kependidikan, segenap fungsionaris mahasiswa, serta segenap undangan dan para wisudawan beserta keluarga. Dimulai pada pukul 08.00 WIB, acara ini dibuka oleh Prof. Dr. H. Suko Wiyono, S.H., M.Hum selaku Ketua Senat UM. Selanjutnya, acara dilanjutkan dengan laporan kelulusan yang disampaikan oleh Prof. Dr. Budi Eko Soetjipto, M.Ed, M.Si. selaku Wakil Rektor I UM.

Wisuda ke-97 UM ini diikuti oleh 1.197 orang lulusan yang terdiri dari 16 orang program Doktor; 142 orang program Magister kependidikan; 2 orang program Magister non kependidikan; 678 orang program Sarjana kependidikan; 329 orang program Sarjana non kependidikan; 24 orang program Diploma III non kependidikan; dan 6 orang program Pendidikan Profesi Guru (PPG). Dengan bertambahnya lulusan pada Wisuda ke-97 ini, maka UM telah berhasil meluluskan sebanyak 127.980 orang, terdiri atas 1.688 orang program Doktor; 9.334 orang program Magister; 79.894 orang program Sarjana; 1.363 orang program PPG; 16.886 orang program Diploma III; dan 18.815 orang program Non Gelar.

Pada wisuda ke-97 ini, jumlah lulusan yang mencapai Indeks Prestasi Kumulatif lebih besar dari 2,75 pada program Diploma dan Sarjana sebanyak 1.025 orang (98,84%). Sedangkan predikat yudisium kelulusannya adalah: Dengan Pujian sebanyak 684 orang (65,96%); Sangat Memuaskan sebanyak 341 orang (32,88%); dan Memuaskan sebanyak 12 orang (1,16%) termasuk program PPG. Untuk program Magister dan Doktor, predikat yudisium kelulusannya adalah: Dengan Pujian sebanyak 92 orang (57,50%); Sangat Memuaskan sebanyak 53 orang (33,13%); dan Memuaskan sebanyak 15 orang (9,37%).

Dari jumlah lulusan tersebut, 4 (empat) orang berhasil lulus dengan prestasi terbaik bidang akademik tingkat universitas, yaitu lulusan dengan IPK tertinggi dan lama studi tepat waktu pada suatu jenjang pendidikan. Keempat lulusan terbaik tersebut adalah dari Program Diploma III yaitu Mochamad Yanuar Rachmadi, A.Md. dengan IPK 3.40 dan lama studi 7 semester dari Program Studi Diploma III Teknik Sipil dan Bangunan, Fakultas Teknik (FT) yudisium Sangat Memuaskan; dari Program Sarjana yaitu Akbar Rahmada Maulana, S.S. dengan IPK 3.86 dan lama studi 7 semester dari Program Studi Sarjana Bahasa dan Sastra Inggris, Fakultas Sastra (FS) yudisium Dengan Pujian; dari Program Magister yaitu Henderikus Dasrimin, M.Pd. dengan IPK 3.86 dan lama studi 17 bulan dari Program Studi Magister Manajemen Pendidikan, Pascasarjana serta yudisium Dengan Pujian; dari Program Doktor yaitu Dr. Ravinesh Rohit Prasad dengan IPK 3.92 dan lama studi 41 bulan dari Program Studi Doktor Pendidikan Geografi, Pascasarjana serta yudisium Dengan Pujian. Selain itu, satu penghargaan juga diberikan kepada Fakhrur Rozi, S.Pd. dari Program Studi Sarjana Pendidikan Bahasa Arab, Fakultas Sastra (FS) sebagai lulusan dengan prestasi terbaik bidang non akademik tingkat universitas.

Melalui sambutan Rektor, Prof. Dr. AH. Rofi’uddin, M.Pd menyampaikan tentang pesatnya perkembangan zaman di era revolusi industry 4.0. Beliau berpesan bahwa perubahan ini merupakan bagian tak terpisahkan dari kehidupan para wisudawan hari ini dan kelak. Oleh karena itu, UM telah memberikan pelayanan pendidikan yang senantiasa berpacu pada perubahan dan menuntut lulusannya untuk senantiasa meningkatkan kualitas dan kapabilitasnya dalam menghadapi tantangan global. Selain itu, Prof. Dr. AH. Rofi’uddin, M.Pd juga berpesan untuk senantiasa menjaga nama baik almamater dan memiliki rasa cinta yang tak terpisahkan dengan kampus.

Pewarta           : Andita Eka Wahyuni – Internship Humas UM

Pewarta Foto   : Riska Febrianti – Internship Humas UM