image_pdf

Malang. Kegiatan Upgrading Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Tahun 2022 merupakan salah satu program kerja Biro Internal dan Penjaminan Mutu yang bertujuan untuk memupuk solidaritas pengurus BEM FMIPA UM 2022. Selain itu kegiatan  ini memberikan bekal keorganisasian kepada pengurus BEM FMIPA UM 2022. Kegiatan yang mengusung tema “Kebersamaan untuk Menumbuhkan Semangat Kepengurusan yang Berkarakter dan Bertanggung Jawab” ini dilaksanakan pada hari Sabtu-Minggu, tanggal 12-13 Maret 2022 di Villa Sumber Urip.

Acara yang diikuti oleh oleh 43 pengurus BEM FMIPA 2022 ini berisi penyampaian materi keorganisasian. Materi pertama yaitu wawasan dasar BEMFA MIPA UM 2022 dan materi kedua yaitu Administrasi Keuangan. Pada sesi akhir setiap materi, beberapa peserta turut berpartisipasi dengan memberikan pertanyaan terkait materi yang disampaikan. 

Pada disela-sela waktu kegiatan diisi ice breaking agar peserta menjadi lebih semangat dan antusias dalam menyimak materi selanjutnya. Berikutnya adalah post test, dimana agenda ini digunakan untuk mengukur seberapa jauh pemahaman peserta mengenai materi yang telah disampaikan sebelumnya. Kegiatan dilanjutkan penyampaian materi ketiga yaitu persidangan dan dilanjutkan materi keempat yaitu kepemimpinan. 

Malam harinya kegiatan dilanjutkan dengan FGD (Focus Group Discussion) dimana masing-masing kelompok diberikan suatu permasalahan untuk didiskusikan bersama. Kegiatan selanjutnya adalah Sharing Session dengan beberapa demisioner, sharing mengenai suka duka dalam organisasi dan berbagi prinsip tentunya. Kegiatan selanjutnya peserta melaksanakan makrab, dimana kegiatan ini bertujuan agar pengurus saling mengenal dan menciptakan kenyamanan bersosialisasi antar individu. Kegiatan terakhir yaitu malam sakral pelantikan seluruh pengurus BEMFA MIPA UM 2022 dengan mengucapkan janji-janji untuk satu tahun periode kepengurusan. 

Pada hari kedua, 13 Maret 2022, kegiatan diawali dengan makan bersama di aula. Pola duduk ketika makan bersama yang melingkar dan saling berhadapan antara SC (Steering Committee) dan OC (Organizing Committee) bertujuan agar antara SC dan OC saling mengenal satu sama lain. Setelah makan bersama, kegiatan dilanjutkan dengan Games. Games yang sudah disiapkan oleh panitia ada 3, yaitu teman mengular, paku dalam botol dan ratu air. Kegiatan ini berlangsung sangat seru karena dari masing-masing kelompok berusaha untuk mendukung teman sekelompoknya agar bisa meraih predikat sebagai pemenang. Setelah keseruan dari games berakhir, seluruh peserta diperkenankan untuk bersih diri lalu berlanjut ke rangkaian kegiatan selanjutnya, yaitu Sidang AD-ART. 

Sidang AD-ART berlangsung secara khidmat. Peserta sidang memperhatikan seluruh rangkaian acara sidang dan menerapkan materi persidangan yang telah disampaikan pada hari sebelumnya. Pada hari ini pula, pertama kalinya seluruh peserta dapat mengikuti sidang secara offline. Akan tetapi, forum persidangan pada hari tersebut tidak dapat selesai dikarenakan keterbatasan waktu. Sehingga, sidang diakhiri sampai dengan pembacaan konsideran Anggaran Dasar. Setelah sidang, acara selanjutnya adalah dokumentasi lalu persiapan pulang. Kegiatan Upgrading BEMFA MIPA UM 2022 berakhir pada hari Minggu, 13 Maret 2022 pada pukul 16.00 WIB. 

Rangkaian kegiatan Upgrading BEMFA MIPA UM 2022 berjalan dengan lancar, menarik dan sangat berkesan bagi peserta. Hal ini diungkapkan oleh salah satu peserta, “Materinya menarik dan pasti akan berguna untuk menjadi bekal kita dalam satu tahun kepengurusan, MC-nya seru bisa cepat beradaptasi, gamenya tidak membosankan, bisa bertemu dengan demisioner BEM, FGD-nya seru, dan bisa bounding sama teman kepengurusan yang lain, semoga upgrading ini bisa menjadi awal mula yang baik bagi kami di dunia BEMFA MIPA UM”, ungkap Anwar. 

Tak hanya Anwar, Karisma juga mengungkapkan hal yang serupa, “Menurut saya upgrading adalah hal terseru setelah masuk ke UM, entah itu karena kegiatannya maupun orang-orang yang ada didalamnya. Saya merasa telah menemukan keluarga baru dengan orang-orang hebat dan menginspirasi. Berangkat dari situ saya berharap kedepannya kami dapat melaksanakan tugas dan tanggung jawab kami untuk kemajuan BEMFA MIPA UM ini,” pungkasnya.

Kontributor : BEMFA MIPA UM 2022

Editor : Nike V. Yuarko