image_pdf

Malang. Pandemi Covid-19 bukan menjadi alasan untuk tetap memperingati Hari Lahir Pancasila setiap 1 Juni. Salah satunya adalah UPT Pusat Pengkajian Pancasila (P2P) Universitas Negeri Malang (UM) yang tetap memperingati Hari Lahir Pancasila dengan memperbanyak kegiatan yang tidak mengumpulkan banyak orang. Kegiatan yang dilakukan oleh UPT P2P UM juga mengangkat tema yang mengarah pada tema besar Peringatan Hari Lahir Pancasila Tahun 2020 yaitu Pancasila Dalam Tindakan Melalui Gotong Royong Untuk Indonesia Maju.

P2P UM telah melaksanakan serangkaian kegiatan untuk memperingati Hari Lahir Pancasila Tahun 2020 ini. Kegiatan awal yang dilakukan adalah Sarasehan Pancasila Ke-4 dengan tema “Ketahanan Sosial Di Tengah Pandemi Covid-19 : Menguatnya Budaya Gotong Royong Virtual. Kegiatan selanjutnya yaitu Kajian Pancasila Ke-1 dengan mengusung tema “Kemanusiaan Anti Diskriminasi dalam Menghadapi Pandemi Covid-19”. Kegiatan yang masih berlangsung yaitu Lomba Tik-Tok dan Vlog Video Pancasila dengan tema :Gotong Royong Melawan Wabah Covid-19”.

Kepala UPT Pusat Pengkajian Pancasila (P2P) Universitas Negeri Malang (UM), Drs Slamet Sujud Purnawan Jati, M.Hum menjelaskan bahwa masih terdapat kegiatan dalam proses perencanaan berupa Sarasehan Pancasila Ke-5 dan Bulan Pancasila.

“Bulan Pancasila memang dikhususkan untuk memperingati Hari Lahir Pancasila. Tapi terkendala dengan liburnya pelajar dan mahasiswa di Bulan Juni. Maka biasanya pelaksanaanya akan diganti dibulan berikutnya menunggu jaadwal mahasiswa masuk. Kegiatan utama dalam Bulan Pancasila yaitu Kursus Pancasila, Kemah Pancasila dan Pustaka Abdi Pancasila” ujarnya.

Dalam wawancara online tersebut, Kepala P2P UM yang biasa akrab disapa dengan Bapak Sujud, beliau memberikan pesan dan harapan untuk mahasiswa terkait Peringatan Hari Lahir Pancasila.

Mahasiswa harus paham dan mengerti bahwa Pancasila sudah berusia 75 Tahun yang merupakan dasar negara dan pandangan hidup bangsa yang tetap relevan untuk dijadikan solusi dalam permasalahan. Kedua yaitu memahami dahulu secara rinci soal nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila dan setelah memahami maka selanjutnya melakukan penghayatan, penyesuasanaan, pembiasaan, apresiasi dan peneladanan.

Dalam akhir wawancara beliau mengatakan bahwa dengan langkah strategis tersebut, sebagai mahasiswa generasi penerus bangsa dapat mengatasi permasalahan saat ini khususnya pandemic Covid-19 maupun tantangan kedepannya.

Pewarta : Riki Pratama –Internship Humas UM