image_pdf

Universitas Negeri Malang (UM) menerima Visitasi Asesmen Lapangan Program Studi Pendidikan Profesi Bidan Fakultas Kedokteran Universitas Negeri Malang oleh Lembaga Akreditasi Mandiri Pendidikan Tinggi Kesehatan Indonesia (LAM-PTKes). Visitasi ini dilaksanakan pada Senin (18/12/2023) bertempat di Ruang sidang senat Graha Rektorat Lantai 9. Kegiatan ini dilaksanakan pukul 13.00 WIB yang dihadiri oleh WR I, WR II, WR III, asesor dari LAM-PTKes, serta jajaran pimpinan pejabat Fakultas Kedokteran dan Fakultas Ilmu Keolahragaan. Dua asesor yang hadir dalam kegiatan hari ini, yaitu Bdn. Tri Setiowati, S.ST., S.KM., M.Kes., (Universitas Jenderal Achmad Yani, Cimahi/Assesor 1) dan Bdn. Dr. Ketut Novia Arini, S.ST., M.Kes. (STIKES Buleleng Bali). 

Maksud pengadaan kegiatan ini adalah penataan kurikulum pada Program Studi Pendidikan Profesi Bidan Fakultas Kedokteran UM dalam peningkatan kualitas serta mendapatkan akreditasi dari LAM-PTKes untuk pengadaan program studi Pendidikan Profesi Bidan yang sesuai standar mutu. Mengawali kegiatan, WR I menyampaikan sambutannya. Beliau mengucapkan banyak terima kasih kepada tim Asesor dari LAM-PTKes serta seluruh pihak yang terlibat. Ungkapan syukur juga dipanjatkan karena Fakultas Kedokteran UM mampu berkembang sampai hari ini. 

“Kita bersyukur karena pada hari ini kedatangan 2 asesor, kita bersyukur karena setelah sekian lama mempersiapkan Fakultas Kedokteran dan secara pararel kami mempersiapkan 2 prodi, prodi keperawatan dan kebidanan. Dengan proses yang panjang mulai dari pemenuhan kuantitas dan kualitas SDM,  mempersiapkan berbagai macam fasilitas, dari gedung, ruangan, perpustakaan, agar tidak sekedar SDM yang kuat tetapi juga didukung fasilitas yang memadai dan harapannya sudah memenuhi kecukupan atau standar,” ujar WR I, Prof. Dr. H. Ibrahim Bafadal, M.Pd.

Asesmen lapangan ini diharapkan mampu memberikan tindakan lanjutan yang kemudian mampu memajukan dan meningkatkan kualitas Program Studi Pendidikan Profesi Kebidanan. UM menyatakan siap menerima masukan dari para asesor agar kemudian mampu menindaklanjuti masukan tersebut. 

“Terima kasih kepada seluruh yang telah hadir dan turut membantu, semoga semakin hebat dan semakin unggul dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat,” tutup laki-laki yang akrab disapa Prof. Ibrahim tersebut. 

Kegiatan ini yang merupakan lanjutan dari persiapan pengadaan program studi yang sebelumnya juga memiliki tujuan sebagai upaya penataan kurikulum prodi pendidikan profesi kebidanan. 

“Asesmen lapangan akreditasi untuk pembukaan sarjana dan pendidikan Profesi Bidan di UM menjadi serangkaian dari proses yang sudah lama bapak ibu lakukan, kemarin sudah mengirim instrumen pembukaan program studi baru khususnya program studi profesi kebidanan, kemarin sudah melakukan asesmen kecukupan, dan pada hari ini sudah layak dari segi dokumen yang sudah diupload di SIMAK. Hari ini kami datang untuk melihat secara visual sarana dan prasarana, perangkat kurikulum, SDM, dan memperkuat berita acara,” terang Asesor, Bdn. Tri Setiowati SST.,SKM.,M.Kes. 

Kegiatan kemudian dilanjutkan dengan penyampaian presentasi mengenai Program Studi Kebidanan dan Pendidikan Profesi Bidan oleh Kepala Program Studi Pendidikan Profesi Bidan, Dr. Dewi Ratna Sulistina, S.ST., M.Keb., dilanjutkan dengan pembacaan doa oleh WR III, Prof. Dr. Ahmad Munjin Nasih, M.Ag., kemudian adanya penyerahan cenderamata. Tanya jawab dengan asesor turut dilaksanakan, tak lupa berbagai masukan diberikan oleh asesor melalui masing-masing penanggung jawab standar borang. Kegiatan diakhiri dengan penyampaian berita acara asesmen lapangan oleh Tim Asesor dan penandatanganan berita  acara asesmen lapangan. 

Pewarta: Zanadia Manik Fatimah – Internship Humas UM

Editor: Muhammad Salmanudin Hafizh Shobirin – Humas UM