image_pdf

Malang. Indikator suksesnya sistem pembelajaran di dalam lingkungan suatu perguruan tinggi adalah adanya transfer ilmu dan pengalaman antar civitas akademika. Tidak hanya terjadi antara Dosen dan Mahasiswa saja, transfer ilmu harus bisa terjadi diantara semua kalangan civitas akademika yang menjadi stakeholder dalam Perguruan Tinggi.

Salah satu contohnya adalah ketika alumni dapat membagikan ilmu dan pengalamannya baik dalam bidang akademis maupun non akademis kepada mahasiswa dan seluruh civitas akademika di dalam perguruan tinggi, seperti intisari dari kegiatan Webinar “Alumni Talk” dengan tema Strategi Mendapatkan Beasiswa S2 Dalam dan Luar Negeri ini.

Poster Kegiatan Alumni Talk

Kegiatan yang dilaksanakan pada tanggal 14 Juli 2020 pukul 12.00 WIB secara langsung melalui Youtube Channel resmi milik Jurusan Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang (jurusanmanajemenfeum), dilakukan dengan 2 metode pengambilan content, yaitu secara tatap muka antara Moderator Bapak Dediek Tri Kurniawan, S.E, M.M (dosen FE UM, Alumnis LPDP UI)  dan Pembicara 3 yaitu Ibu Arum Prasasti, S.E, M.Sc (dosen FE UM, alumni LPDP University of Leicester Inggris) di Laboratorium Multimedia kebanggan Fakultas Ekonomi bertempat di Gedung E4, dan dikombinasikan dengan Zoom Meeting yang dihadiri oleh Pembicara 1 Ibu Ayu Maghfuroh, S.Pd (alumni PADP FE UM, awardee LPDP) dan Pembicara 2 Ibu Khusnul Rofidah, S.Pd, M.M (alumni PADP FE UM, Dosen dan Alumni LPDP UB). Kegiatan ini dibuka oleh Ibu Dr. Wening Patmi Rahayu, S.Pd, M.M selaku Sekretaris Jurusan Manajemen FE UM.

Moderator dan Narasumber berada di Laboratorium Multimedia FE UM

Kegiatan yang banyak membahas informasi-informasi penting dan terkini terkait tentang beasiswa, baik dalam dan luar negeri, serta pengalaman-pengalaman unik, membahagiakan dan mengharukan para pembicara serta moderator ini berlangsung sangat menarik, mengingat keempat orang tersebut merupakan penerima beasiswa LPDP sehingga dapat menyampaikan informasi-informasi yang valid bagi pendengarnya.

Kegiatan yang berlangsung secara live via Youtube ini juga dihadiri oleh ratusan penonton yang secara aktif turut berkontribusi dalam kegiatan ini berupa memberikan tanggapan dan pertanyaan di kolom live chat selama kegiatan berlangsung. Penonton yang terdiri dari mahasiswa dan civitas akademika Universitas Negeri Malang dapat ikut larut dalam perbincangan yang dipandu oleh Moderator Bapak Dediek Tri Kurniawan, S.E, M.M sehingga menambah kesuksesan acara yang dihelat sebagai suksesor kegiatan Webinar “Alumni Talk” Seri 1 sebelumnya.

Para peserta mengikuti webinar melalui live youtube

Pada akhirnya kegiatan Webinar “Alumni Talk” Seri 2 dirasa telah menemui tujuannya sebagai sajian keilmuan yang dikemas sedemikian rupa, semenarik mungkin dan tetap mematuhi Protokol Covid-19 demi keamanan dan kenyamanan bersama, sehingga mampu membuka cakrawala dunia pendidikan yang diharapkan mampu menjadi pemacu terciptanya lulusan-lulusan terbaik di Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang di kemudian hari.

Pewarta: Buyung Adi Dharma, S.AP., M.AP.

Dosen Jurusan Manajemen FE UM