image_pdf

Begitu banyak mahasiswa yang menorehkan prestasi di Universitas Negeri Malang (UM), salah satunya yaitu M. Zaky Arrosyidi seorang Mahasiswa Fakultas Sastra (FS), Program Studi (Prodi) Pendidikan Bahasa Arab (PBA) angkatan 2023. Dia tidak hanya menorehkan prestasi di bidang akademik, tetapi juga seorang Hafizh Qur’an yang memiliki segudang prestasi.

M. Zaky Arrosyidi, yang akrab disapa Zaky, adalah putra asli Randuagung, Singosari, Malang. Sejak kecil, Zaky telah menimba ilmu dalam jenjang pendidikan formal, mulai dari MI Almaarif 09 Randuagung, MTs Negeri 3 Malang hingga MA Almaarif Singosari. Selain pendidikan formal, Ia juga menimba ilmu di Pesantren Ilmu Al Qur’an (PIQ), Singosari, Malang dari tahun 2018 hingga 2023.

Zaky telah menjadi seorang anak yatim sejak tahun 2017 saat masih duduk di bangku MTs, hal ini menjadi cobaan berat bagi Zaky dan keluarganya. Ayahnya yang merupakan seorang guru ngaji dan karyawan swasta, sementara ibunya adalah seorang ibu rumah tangga menjadikan motivasi bagi Zaky untuk berjuang lebih keras dalam melanjutkan pendidikan. Berkat tekad dan kerja kerasnya, ia berhasil menjadi penerima Kartu Indonesia Pintar Kuliah (KIP-Kuliah).

Zaky menjadi penerima KIP-K sejak diterima di UM melalui jalur mandiri prestasi. “Alhamdulillah, saya sangat bersyukur bisa kuliah gratis. Ini mengurangi beban pengeluaran keluarga, meskipun saya menerima KIP-Kuliah skema 2 yang hanya mencakup biaya pendidikan tanpa biaya hidup,” ujar Zaky. Bantuan ini membebaskannya dari biaya gedung dan UKT selama 8 semester, sehingga ia bisa fokus belajar tanpa harus memikirkan biaya kuliah.

Sebelum memilih UM, Zaky sempat mendaftar dua kali di Universitas Islam Madinah, Arab Saudi, tetapi belum diterima. Pada tahun 2023, Zaky juga diterima di Universitas Al-Azhar Mesir melalui jalur Kementerian Agama (Kemenag), namun dia lebih memilih UM Prodi Pendidikan Bahasa Arab atas anjuran ibunya. “Saya tidak menyesal memilih UM karena program studi Pendidikan Bahasa Arab di UM sangat baik dan terbukti berkualitas,” kata Zaky.

Sejak kecil, Zaky aktif mengikuti lomba-lomba non-akademik seperti Musabaqoh Tilawatil Qur’an, Hifdzil Qur’an dan Tartil Qur’an. Ia juga aktif di UKM Al-Quran Study Club (ASC) UM sebagai pemateri pembinaan Al-Quran berkat prestasinya. “Alhamdulillah, saya terus berusaha memberikan yang terbaik untuk nama besar UM,” katanya. Tantangan terbesar yang dihadapi Zaky adalah menyelaraskan urusan kuliah dan kegiatan lomba, serta perjalanan pulang-pergi dari rumah ke kampus yang berjarak sekitar 18 km.

Zaky selama kuliah di UM menekuni bidang Tilawah Quran, Tartil Quran serta Murojaah Hafalan Al-Quran dan Bahasa Arab. Beberapa prestasi yang telah diraihnya antara lain:

  • Juara 1 MHQ 5 Juz & Tilawah MTQ Provinsi Jawa Timur 2021 di Pamekasan (bonus hadiah berangkat umroh dari Bupati Malang)
  • Perwakilan Jawa Timur dalam MTQ Nasional 2022 di Banjarmasin, Kalimantan Selatan
  • Juara 3 MHQ 5 Juz & Tilawah dalam ajang STQH Nasional di Jambi 2023
  • Juara 3 Qira’at Sab’ah MTQ Mahasiswa Nasional di UB 2023
  • Juara 1 MHQ Muspain tingkat mahasiswa nasional di Kemenag Kota Malang (hadiah umroh)
  • Juara 1 MTQ PTQ Radio RRI Malang 2023

Untuk mengasah kemampuannya, Zaky rutin murojaah setiap hari, berbagi dengan teman dan senior, serta tidak sungkan bertanya kepada para gurunya yang ahli dan profesional. Dukungan terbesar datang dari keluarganya, terutama ibunya, dan juga mengingat jasa ayahnya serta para guru yang telah wafat.

Dengan motto hidup “Terus berprestasi, usaha semaksimal mungkin, jangan kecil hati,” Zaky terus berjuang mencapai titik yang terbaik. Zaky berharap mahasiswa penerima KIP-Kuliah lainnya dapat memaksimalkan kesempatan ini dan lulus tepat waktu. “Manfaatkan sebaik mungkin beasiswa ini, jangan kecewakan orang tua dan guru kalian, serta tetap ingat mereka meskipun sudah sukses,” pesan Zaky.

Kisah M. Zaky Arrosyidi menunjukkan bahwa keterbatasan ekonomi bukanlah penghalang untuk meraih prestasi. Dengan dukungan program KIP-Kuliah, Zaky berhasil mengukir prestasi dan memberikan inspirasi bagi mahasiswa lain untuk terus berjuang dan meraih mimpi mereka.

Pewarta: Tri Anggara Medhi Sampurno – Internship Humas UM

Editor: Muhammad Salmanudin Hafizh Shobirin – Humas UM