image_pdf

Prof. Dr. Tri Kuncoro, S.T., M.Pd.

Guru Besar dalam Bidang Ilmu Media Pembelajaran Pendidikan Vokasional/Teknik Sipil/Teknik Bangunan
pada Fakultas Teknik UM

Society 5.0 adalah konsep masyarakat berbasis teknologi yang ambisius dan revolusioner. Society 5.0 merupakan evolusi dari berbagai tahapan masyarakat sebelumnya. Dimulai dari munculnya masyarakat (Society 1.0), masyarakat berbasis pertanian (Society 2.0), kemudian masyarakat industri (Society 3.0), dilanjutkan dengan masyarakat berbasis informasi (Society 4.0), dan saat ini kita menuju ke era Society 5.0, yaitu era digital dan konektivitas.

Selaras dengan hal tersebut, maka di era ini, peran mahasiswa Teknik Sipil juga memiliki arti yang sangat penting dalam mewujudkan visi Society 5.0. Visi ini mengajak kita untuk bergerak menuju masyarakat yang cerdas, di mana teknologi digital dan informasi menyatu secara harmonis dengan kehidupan sehari-hari. Sebagai kaum akademisi yang berdedikasi dalam ilmu Teknik Sipil, kita memiliki tanggung jawab besar untuk berkontribusi dalam menciptakan perubahan positif bagi masyarakat.

Pentingnya peran mahasiswa Teknik Sipil dalam membangun Society 5.0 sangatlah signifikan. Society 5.0 adalah konsep masyarakat yang diusulkan oleh pemerintah Jepang yang mengintegrasikan teknologi digital dengan masyarakat untuk mencapai kehidupan yang lebih berkelanjutan, inklusif, dan cerdas. Dalam konteks ini, mahasiswa Teknik Sipil memiliki peran yang penting dalam beberapa aspek seperti Inovasi dan Riset; Penerapan Teknologi Cerdas; Keterhubungan Infrastruktur; Kesadaran Lingkungan; Partisiapasi Masyarakat; dan Pendidikan dan Penyuluhan. 

Dalam membangun Society 5.0, media pembelajaran yang canggih dan inovatif juga sangat penting untuk mendukung peran mahasiswa Teknik Sipil. Media pembelajaran yang tepat akan membantu meningkatkan pemahaman mereka tentang konsep Society 5.0, teknologi cerdas, dan keberlanjutan. Berikut adalah beberapa media pembelajaran yang dapat menunjang peran mahasiswa Teknik Sipil dalam Society 5.0 yaitu, Simulasi 3D dan Virtual Reality (VR); Aplikasi Pembelajaran Berbasis Game; Platform E-Learning; Video Pembelajaran Interaktif; Penggunaan Internet of Things (IoT); Proyek Kolaboratif Berbasis Cloud; Webinar dan Seminar Online.

Dengan menggunakan media pembelajaran yang inovatif dan canggih, mahasiswa Teknik Sipil dapat meningkatkan pemahaman mereka tentang Society 5.0 dan kontribusi mereka dalam membangun masa depan yang lebih cerdas dan berkelanjutan. Media pembelajaran yang tepat juga membantu mempersiapkan mereka untuk menghadapi tantangan dan peluang di era teknologi cerdas ini. 

Dalam keseluruhan, mahasiswa Teknik Sipil berperan sebagai agen perubahan yang kritis dan proaktif dalam menciptakan masa depan yang berkelanjutan dan cerdas di era Society 5.0. Kontribusi mereka dalam inovasi, penerapan teknologi cerdas, perencanaan yang berkelanjutan, dan partisipasi masyarakat akan sangat berarti dalam mencapai tujuan masyarakat yang lebih maju dan inklusif. Sehingga, dalam perjalanan kita menuju Society 5.0, mari bersama-sama memperjuangkan: keterhubungan infrastruktur yang sinergis, kesadaran lingkungan yang mendalam, dan partisipasi masyarakat yang aktif.

foto