image_pdf

PRESS RELEASE

Workshop Pengelolaan Aplikasi layanan Informasi Publik Berbasis Android Bagi Tenaga Kependidikan di Biro AKPIK UM

Malang. Dalam rangka meningkatkan dan mengembangkan pengelolaan informasi publik di lingkungan Universitas Negeri Malang (UM), Biro AKPIK UM menyelenggarakan Workshop Pengelolaan Aplikasi Layanan Informasi Publik Berbasis Android. Kegiatan yang diikuti oleh 99 orang tenaga kependidikan di lingkungan Biro AKPIK ini diselenggarakan di Bromo Hall Hotel Aria Gajayana Malang pada 7 November 2020 mulai pukul 08.00 – 13.00 WIB.

Menurut Kabag Kemahasiswaan UM Drs. Taat Setyohadi sudah menjadi keharusan bagi kita semua untuk dapat memberikan pelayanan terbaik bagi lingkungan unit kerja kita, baik pelayanan internal kepada sesama staf, atasan maupun pelayanan kepada stakeholder seperti unit lain, mahasiswa, dosen dan civitas akademik UM yang lain. “Selain itu kita juga harus dapat memberikan berbagai jenis informasi yang dapat diberikan dan diakses publik dengan mudah sehingga segala informasi, pengumuman, agenda kegitan, perencanaan mendatang hingga berita kegiatan dapat terinformasikan kepada public dengan baik”, jelasnya.

Dengan semakin mudahnya akses informasi publik melalui aplikasi layanan berbasis android mengharuskan setiap unit untuk juga melengkapi perangkat android yang mumpuni untuk dapat memberikan pelayanan maksimal dan terbaik. Para Kasubag dan Kabag perlu segera mengajukan perangkat android untuk memfasilitasi layanan informasi dari publik, salah satunya  tanya jawab melalui aplikasi. Dalam masa pandemi ini kita perlu menyesuaikan diri untuk dapat memberikan informasi terbaik bagi public. Hal ini dikarenakan masih adanya pembatasan gerak individu yang mengakibatkan informasi lebih banyak diakses secara daring dibandingkan dengan tatap muka.

Wakil Rektor IV Prof. Dr. Ibrahim Bafadal, M. Pd. berpesan bahwa Workshop atau lokakarya berarti menghasilkan karya dalam hal ini yaitu berlatih menggunakan android. “Dalam mengelola PPID perlu manajemen yang baik sehingga dapat tercapai tujuan yang efektif dan efisien. Menginformasikan dan menyampaikan informasi kepada orang lain terkait keunggulan yang dimiliki UM perlu dilakukan agar orang lain tahu apa yang sudah kita kerjakan. PPID merupakan bidang garap semua unit yang ada di UM. Harapannya tahun ini PPID mendapat peringkat informatif dimana tahun lalu peringkat menuju informatif. PPID bukan hanya untuk pihak eksternal tapi juga internal”, terangnya.  

Tahun ini aplikasi PPID berbasis android mempunyai berbagai fitur antara lain isian menggunakan aplikasi (laveral) berupa form dan statistik yang bisa dilihat secara real time terkait permohon informasi, permohon dikabulkan, pemohon yang ditolak, keberatan informasi, aspirasi dan pengaduan. Adanya aplikasi PPID berbasis android ini tentunya dirancang untuk memudahkan dalam memperluas publikasi UM.

Kegiatan workshop ini juga sebagai salah satu rangkaian aksi perubahan yang dilakukan Kasubbag Humas UM yang sedang mengikuti Pelatihan Kepemimpinan Pengawas (PKP) Kemendikbud. Dimana tugas akhir dari pelatihan tersebut adalah inovasi yang dikembangkan dalam hal layanan publik. Adapun topik yang diambil adalah Pengembangan Layanan Informasi Publik Berbasis Android yang merupakan inovasi layanan informasi publik untuk memudahkan pemohon dan lebih komunikatif.