image_pdf

Tim Pekan Kreativitas Mahasiswa (PKM) Universitas Negeri Malang (UM) berlaga dalam tahap Penilaian Kemajuan Pelaksanaan  PKM (PKP2) pada Senin-Kamis (12-15/9/2022) secara daring. Sebanyak 28 tim PKM UM menyampaikan laporan kemajuan kepada dewan juri yang dikemas dalam presentasi dan sesi tanya jawab. Dengan disiarkan secara langsung melalui Youtube Direktorat Pembelajaran dan Kemahasiswaan, tim-tim yang melakukan presentasi berkumpul di Gedung Pascasarjana UM.

Bersaing dengan 1.523 tim seluruh Indonesia, sebelum berlaga di PKP2 tim PKM UM telah menjalani berbagai pembinaan dan pendampingan. Hal itu disampaikan oleh Dr. Heny Kusdiyanti, S.Pd., M.M., selaku Ketua Tim Penalaran UM bahwa pembinaan dibantu oleh Tim PKM Center dan dan tim sukses UM. “Tujuan adanya pembinaan tersebut untuk membantu tim PKM UM menciptakan semangat tim sehingga siap menjalani PKP2. Dari segi pembinaan, kami sudah mempunyai pola dan 28 tim ditempa untuk latihan presentasi, pembuatan PPT, dan video penayangan,” ujarnya.

Ditambahkan Dr. Heny Kusdiyanti, S.Pd., M.M., bahwa tidak terdapat perbedaan mengenai sistematika keberlangsungan PKP2. Sebelum melaksanakan PKP2, setiap tim diwajibkan untuk mengunggah luaran kemajuan pelaksanaan PKM dan mengisi catatan harian berupa logbook kegiatan. Namun, atmosfer PKP2 tahun ini sangat berbeda dengan tahun kemarin karena atmosfer yang ditampilkan seperti Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (PIMNAS). Tahun kemarin PKP2 hanya untuk mengetahui kemajuan dari pengembangan proposal. Namun tahun ini seolah-olah mahasiswa menjalani PIMNAS baik dari segi pertanyaan, tagihan, dan tantangan juri sudah mengarah ke acara PIMNAS.

Walaupun berbeda, UM optimis akan jaya karena melihat semangat tim yang solid dan pembinaan yang telah dilakukan. Beliau menilai kualitas presentasi, PPT, dan penyampaian yang disampaikan tim PKM UM pada saat presentasi sudah bagus.

Dr. Heny Kusdiyanti, S.Pd., M.M., menyampaikan pesan untuk seluruh tim PKM UM baik yang sudah melakukan presentasi maupun yang belum presentasi. “Untuk yang sudah maju, bersiap dan banyak-banyak berdoa. Perjuangan sudah dilalui. Tinggal satu langkah lagi. Jika memang memiliki kesempatan di PIMNAS, maka perjuangan di pola pembinaan selanjutnya akan lebih keras lagi. Bagi adik-adik yang belum maju, persiapkan diri sebaik-baiknya karena kalian memiliki kesempatan untuk melihat kelompok-kelompok yang sudah maju. Itu akan menjadi suatu pengalaman,” pungkas beliau.

Hal senada disampaikan Nur Indah Agustina selaku PKM Center UM yang juga mengungkapkan hal itu didukung dengan pembinaan yang difokuskan pada masing-masing fakultas. Ketika menuju PKP2, PKM Center akan memberikan informasi teknis terkait persiapan PKP2.

Pewarta: Novita Eka Andriyana – Internship Humas UM