image_pdf

Semakin mengerucut, serangkaian penerimaan mahasiswa baru Fakultas Kedokteran (FK) Universitas Negeri Malang (UM) menemui tahap akhir. Tes psikologi dan kesehatan menjadi puncak bagi 100 calon mahasiswa FK UM yang lulus seleksi administrasi dan berkas untuk memperebutkan 50 kursi yang tersedia dan secara resmi diterima menjadi mahasiswa FK. Tes ini dilaksanakan di Gedung B3 Lantai 1 FK UM pada Rabu (23/08), tes dilakukan selama 2 jam pada setiap kategorinya. 

Tes psikologi dibawahi oleh tim dari Fakultas Psikologi UM yang berjumlah 11 dosen dan dipandu langsung oleh Ketua Departemen Psikologi, Ninik Setyowati, S. Psi., M. Psi. Menariknya dari pelaksanaan tes psikologi ini, peserta diberi pertanyaan dan kesempatan menjawab dengan batas waktu tertentu yang hanya diketahui penguji sehingga peserta harus sesegera mungkin menjawab agar tidak ketinggalan. Sementara itu, untuk tes kesehatan hanya untuk verifikasi data dari masing-masing berkas kesehatan yang didapatkan calon mahasiswa dari rumah sakit setempat. Tes tersebut merupakan usaha untuk menyeleksi calon mahasiswa FK UM agar mendapatkan kandidat yang terbaik dan sesuai standar.

Ketua Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru UM, Dr. Imam Agus Basuki, M. Pd., menuturkan seleksi mahasiswa baru FK UM ini sangat singkat, namun persebarannya merata. 

“Dengan waktu sesingkat itu, karena dari atasan menghendaki Agustus sudah harus beroperasi sedangkan SK Putusan Perizinan baru saja turun, maka seleksi FK UM ini dipercepat. Setelah kita maraton menggarap pendaftaran dan lain hal, ternyata calon mahasiswa yang mendaftar mencapai 700 orang. Setelah itu dilakukan seleksi berkas dan mengecil hingga tersisa 100 calon mahasiswa. Hal yang membuat saya heran adalah ternyata banyak calon mahasiswa yang berasal dari daerah jauh; seperti Bekasi, Cirebon, NTB, Bali, dan lain sebagainya,” tutur beliau. 

Dalam sambutannya saat menyambut peserta tes, Dr. Imam Agus Basuki, M. Pd., menegaskan bahwa hasil seleksi hari ini yang akan diumumkan malam harinya adalah murni hasil kemampuan siswa tanpa intervensi dari pihak manapun. 

“Apapun hasil tes hari ini adalah murni dari karya kinerja dan kemampuan saudara semua. Tidak ada campur tangan pihak manapun yang bisa menentukan hasil tes. Jadi gunakan sepenuhnya kehebatan kalian karena hanya 50 dari 100 orang yang hadir hari ini berhak menjadi mahasiswa Fakultas Kedokteran UM,” pungkas Dr. Imam. 

Pewarta: Nahdiatul Affandiah – Internship Humas UM 

Editor: Luthfi Maulida Rochmah