image_pdf

Departemen Kimia Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Universitas Negeri Malang (UM) bersama dengan Universitas Ljubljana, Slovenia sukses selenggarakan 6th International Conference on Mathematics and Science Education (ICOMSE) pada 9-10 Agustus 2022 di Ruang Pertemuan Arjuna 3, Swiss-Belinn Malang. Selain dilaksanakan secara luring, seluruh rangkaian kegiatan juga dilakukan melalui platform Zoom Meeting serta disiarkan secara langsung melalui kanal Youtube Departemen Kimia FMIPA. Kegiatan tersebut mengangkat tema “Educational Diversity and The Future of Mathematics and Science Education Research” dalam rangka meningkatkan kualitas edukasi dunia, khususnya di bidang matematika dan sains.

Kegiatan dibuka pada Selasa (09/08/2022) dengan pembacaan doa dan menyanyikan bersama lagu kebangsaan Indonesia Raya. Ketua pelaksana ICOMSE, Habiddin, S.Pd, M.Pd, Ph.D., dalam sambutannya mengaku merasa tersanjung dengan banyaknya nama besar yang berkenan memberikan materi dalam seminar kali ini. Setelah dua tahun dilaksanakan secara daring, ICOMSE keenam ini menandai adanya progres baru dari kehidupan baru setelah pandemi COVID-19 atau new normal life. Selain itu, beliau berharap keterlibatan Fakultas Pendidikan Universitas Ljubljana pada ICOMSE kali ini dapat menjadi pintu untuk kolaborasi akademik lain antar universitas kedepannya. Dari 209 abstrak yang diserahkan, ICOMSE diikuti oleh berbagai peserta dari bermacam-macam negara, seperti Slovenia, Malaysia, Thailand, Turki, serta Indonesia.

Pada kesempatan yang sma Dekan FMIPA UM, Prof. Dr. Hadi Suwono, M.Si., berharap dari tema yang diangkat dalam konferensi ini dapat memperpanjang dan memperbaiki kualitas hidup masyarakat dari berbagai ilmu baru dari bermacam-macam negara. Beliau memaparkan bahwa sejak 2017, ICOMSE telah menjadi wadah bagi para peneliti, pendidik, dan murid di bidang matematika dan sains untuk mempersembahkan hasil kerjanya dalam perkembangan pendidikan matematika dan sains. “Saya yakin diskusi kali ini dapat konferensi ini dapat menjadi wadah untuk berdiskusi serta menjadi kesempatan bagi para peneliti untuk mengutarakan pemikirannya kepada dunia,. Semoga diskusi hari ini dapat berjalan dengan lancar,” ujar Dekan FMIPA saat pembukaan kegiatan.

Acara menghadirkan para ahli sebagai pemateri dari berbagai negara yang dan dibagi menjadi dua sesi. Sesi pertama pada Selasa (09/08/2022) menghadirkan Prof. Andrew Heckler dari Ohio State University, US, Assoc. Prof. Dr. Maurice M. W. Cheng dari The University of Waikato, New Zealand, Prof. Iztok Devetak dari University of Ljubljana, Slovenia, serta Prof. Justin Dillon dari University of Exeter, UK. 

Sesi kedua dilaksanakan pada Rabu (10/08/2022) menghadirkan Prof. Dra. Sri Rahayu, M.Ed., Ph.D, dari UM, Assoc. Prof. Angeliki Mali dari The University of Groningen, Belanda, dan diakhiri oleh Assistant Professor, Tamara Rončević, Ph.D dari University of Novi Sad, Serbia. ICOMSE 2022 diikuti dengan antusias oleh para peserta yang ditunjukkan oleh banyaknya pertanyaan yang diajukan pada tiap sesi.

Pewarta: Nawal Kamilah Ismail – Internship Humas UM