image_pdf
Seminar Nasional Ekonomi Kreatif,” BEM UM mengundang para alumni yang telah berkiprah hingga tingkat internasional sebagai keynote speaker

UM (Universitas Negeri Malang) menjadi kampus berbasis pendidikan yang berhasil melahirkan begitu banyak wisudawan hebat setiap tahunnya. Hal ini dibuktikan dengan tersebarnya para alumni yang sukses menggeluti bidang keahliannya. Namun sering sekali para mahasiswa ini sulit untuk melakukan komunikasi kepada para alumni ini karena terbatasnya interaksi bersama. Oleh karena itu, Badan Eksekutif Mahasiswa UM (BEM UM) menggelar serangkaian acara “Expotive 2023” sebagai sarana silaturahmi. 

Mengangkat tema “Seminar Nasional Ekonomi Kreatif,” BEM UM mengundang para alumni yang telah berkiprah hingga tingkat internasional sebagai keynote speaker. Tidak tanggung-tanggung, alumni UM yang diundang adalah Bayu Eko Moektito atau lebih dikenal Bayu Skak, Gilang Widya Pramana atau lebih dikenal dengan Juragan 99 dan Mukti Ali. Acara ini dilaksanakan di Graha Cakrawala UM pada Senin (06/11) dan terbuka untuk umum.

“Untuk bisa terjun menjadi pengusaha, temen-temen bisa memulainya dari passion dengan mengetahui tujuan memiliki usaha itu untuk apa, visi jangka panjang maupun pendeknya seperti apa. Kedua, memiliki strategi untuk mencapai goals tersebut. Kita harus memiliki sesuatu yang unik agar menjadi pembeda dengan usaha lain. Terakhir, setelah kalian terjun ke dunia usaha, eksekusilah dengan terus melakukan continuous improvement, yaitu perbaikan secara terus menerus. Perbaikan ini dilakukan dalam hal review product, regulasi, kolaborasi tim, dan provit,” tutur CEO J99 Trans dalam sesi sharing.

Seminar Nasional Ekonomi Kreatif,” BEM UM mengundang para alumni yang telah berkiprah hingga tingkat internasional sebagai keynote speaker

Selanjutnya dalam kesempatan yang sama. Mukti Ali yang merupakan owner Bus Mandala Putra juga membagikan ceritanya ketika merintis usaha hingga bisa sukses seperti sekarang. “Saya pesan kepada semuanya, optimislah dan jangan minder ketika hendak terjun di dunia usaha. Harus pantang menyerah! jangan sampai ketika kita maju sedikit, kemudian bertemu dengan kompetitor, kita menjadi mundur. Saya dulu berani dan yakin memulai usaha meskipun hanya memiliki modal sepuluh ribu saja. Orang sukses itu bisa menempuh dari berbagai jalan yang berbeda. Dan yang terakhir, janganlah anda menginginkan kekayaan maupun kesuksesan itu hanya untuk diri sendiri. Harus yakini bahwa kesuksesan anda akan bermanfaat bagi orang lain,” jelasnya.

Tak kalah menarik, Alumni UM, Bayu Eko Moektito, A.Md. atau yang lebih akrab dengan sebutan ‘Bayu SKAK’ juga menyampaikan tips kreatif dan sukses di seminar nasional Expotive 2023. “Sebagai generasi muda, hendaknya kita turut mengambil andil dalam menciptakan Indonesia Emas, salah satunya dengan terjun ke industri kreatif. Disanalah kalian akan mengerti kekuatan ide. Ide yang apabila dikerjakan, lalu menghasilkan karya dan bisa menjadi tontonan, itulah yang akan menjadi income kalian,” seru youtuber, aktor, sekaligus sutradara yang sukses dalam menghasilkan berbagai film maupun series dengan karyanya yang selalu mengangkat tema kedaerahan dan budaya Indonesia terutama Jawa Timur. 

Pewarta : Hania Nuha Tsabita – Internship Humas UM

Editor: Luthfi Maulida Rochmah