image_pdf
Workshop dan pelatihan pengumpulan data

Dalam rangka pengumpulan data dari penelitian internasional terkait aktivitas yang menjadi kebiasaan anak usia dini di Indonesia, Tim Peneliti Fakultas Ilmu Keolahragaan (FIK) Universitas Negeri Malang (UM) adakan kolaborasi dengan peneliti asal Australia. FIK UM menghadirkan secara langsung Prof. Anthony D Okely, Ph.D., pada acara workshop dan pelatihan pengumpulan data. Acara tersebut diadakan pada Senin (21/08), bertempat di Ruang Sidang lantai 2 Gedung FIK UM.

Acara diawali dengan sambutan dari Ketua LPPM UM, Prof. Dr. Markus Diantoro , M.Si. “Dengan kehadiran Prof. Anthony D Okely, Ph.D, saya harap kolaborasi ini tidak hanya dilakukan oleh FIK UM saja. Akan tetapi, kerjasama ini bisa dilanjutkan pada tingkat universitas dikemudian hari. Hal ini dikarenakan dengan background dari Prof. Anthony D Okely, Ph.D, yang saya rasa tepat untuk dilakukan kerjasama lanjutan, dengan keadaan kampus yang baru saja membuka Fakultas baru, yaitu Fakultas Kedokteran,” tutur Prof. Markus.

Dalam kesempatan yang sama Dekan FIK UM juga turut menyampaikan sambutan. Beliau memberikan gambaran singkat terkait Fakultas yang berada dalam naungannya. “Fakultas Ilmu Keolahragaan UM terdiri dari lima departemen, yaitu (1) Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi, (2) Ilmu Keolahragaan, (3) Pendidikan Kepelatihan Olahraga, (4) Ilmu Kesehatan Masyarakat, dan (5) S2 Pendidikan Olahraga. FIK UM memiliki 70 dosen dan 25 tenaga kependidikan. Mahasiswa FIK UM sekitar 2.694 itu pun masih belum ditambah dengan mahasiswa baru,” jelas Dr. Sapto Adi, M.Kes.

“Terima kasih sudah mengundang saya di sini. Saya terkesan dengan apa yang dimiliki Universitas Negeri Malang ini. Senang sekali saya bisa menjalin kolaborasi dengan anda semuanya terkait dengan proyek penelitian internasional, Sunrise. Saya harap penelitian ini sukses dan berjalan dengan lancar,” tutur Prof. Anthony D Okely, Ph.D.

workshop dan pelatihan pengumpulan data

Acara dilanjutkan dengan pemaparan materi dari Prof. Anthony D Okely, Ph.D,. Beliau merupakan Profesor Senior dan Direktur Riset dari Early Start di Universitas Wollongong, Australia. Penelitian Tony berfokus pada aktivitas fisik, kebiasaan, dan perkembangan motorik pada anak. Oleh karena itu, pada penelitian kali ini beliau hendak mengkaji lebih dalam terkait pemenuhan panduan perilaku gerak anak usia dini dari Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) terhadap sejumlah anak di Indonesia. Penelitian ini mempertimbangkan perkembangan fisik dan motorik anak usia dini sebagaimana mereka bergerak sepanjang hari. Kebiasaan ini meliputi kegiatan tidur, duduk, berdiri, dan aktivitas lainnya yang mereka lakukan setiap harinya. Dalam workshop dan pelatihan pengumpulan data ini, Prof. Anthony D Okely, Ph.D., menjelaskan secara detail terkait penelitian tersebut dan langkahnya. 

Pewarta : Hania Nuha Tsabita – Internship Humas UM

Editor: Luthfi Maulida Rochmah