image_pdf

Program Studi (Prodi) Ilmu Komunikasi (Ilkom) Fakultas Ilmu Sosial (FIS) Universitas Negeri Malang (UM) mengadakan workshop Creative Ads Video Workshop  and Challenge yang bekerja sama dengan Best Wok. Kegiatan ini digelar pada Kamis (09/11) dan bertempat di Aula Ki Hadjar Dewantara Lantai 7 FIS UM. 

“Ini merupakan awal mula kolaborasi antara PT Surya Pratista Hutama (Suprama) dengan UM. Disini kita memang memiliki visi untuk  memfasilitasi anak muda, terutama mahasiswa karena mengetahui bahwasannya mereka memiliki banyak sekali ide kreatif. Oleh karena itu, kita mengadakan Best Wok Creative Campus untuk mewadahi para mahasiswa yang ingin menuangkan idenya pada tempat yang tepat,” tutur Irsada Rozi selaku marketing manager dari badan usaha yang memproduksi Best Wok ini.

Kami memilih UM sebagai kampus pertama yang kita datangi dalam roadshow Malang. Pada keegiatan workshop ini nantinya mahasiswa akan dibekali ilmu terkait Creative Ads Video dengan mendatangkan narasumber profesional yang ahli di bidangnya. Kemudian kami juga mengadakan challenge untuk para peserta dengan membikin video sesuai dengan idenya. Dan yang terbaik tentunya mendapatkan hadiah dari kami, seperti drone, gimbal untuk kamera, maupun mic wireless,” imbuhnya.

Workshop yang bertajuk explore, creative, perform ini mengundang Tito Ahmad Elfarizi. Pada kesempatan kali ini, Tito membagikan berbagai tips dalam memproduksi video.

“Ketika hendak memproduksi video, kita perlu memetakan target pasar atau penonton. Mengapa demikian? Agar kita mengetahui bagaimana cara menarik perhatian dari target yang dituju. Kebetulannya, masyarakat Indonesia ini cenderung suka menonton video yang mengandung entertain. Hal ini dikarenakan kebiasaan masyarakat Indonesia itu butuh tontonan yang bersifat menghibur sebagai pelepas penat setelah mereka bekerja dan beraktifitas seharian,” tutur pemilik akun media sosial dengan nama @_ahmadtito ini.

Beliau juga mengajak para audiens untuk menganalisis algoritma yang ada di media sosial, yang mana tidak jarang video dengan kualitas dan pesan yang bagus kalah viewers dengan video biasa yang traffic-nya selalu meningkat. Untuk menghadapi problem tersebut, Tito memberikan solusi dengan melakukan hook content. Content creator perlu memperhatikan tiga detik pertama dalam video yang diproduksinya. Beliau tidak ragu membocorkan rahasianya agar viewers videonya terus mengalami peningkatan, yakni menggunakan behind the scene di permulaan video dan diakhiri dengan hasilnya.

Workshop berlangsung dengan baik hingga akhir acara. Kegiatan ini ditutup dengan sesi tanya jawab dan para peserta dipersilahkan melakukan take video dengan perlengkapan yang telah disediakan oleh tim Best Wok.

Pewarta : Hania Nuha Tsabita – Internship Humas UM

Editor: Luthfi Maulida Rochmah – Internship Humas UM