image_pdf

Lembaga Pengembangan Pendidikan dan Pembelajaran (LP3) Universitas Negeri Malang (UM) Pusat Pengembangan Kehidupan Beragama dan Kuliah Universiter (P2KBKU) berkolaborasi dengan Himpunan Mahasiswa Departemen (HMD) Bahasa Indonesia untuk menyelenggarakan seminar nasional dalam rangka menyambut bulan bahasa. Agenda rapat persiapan yang pertama dihadiri oleh Kepala P2KBKU UM Dr. Khusairi M.Pd., Ketua Mata Kuliah Umum (MKU) Pendidikan Bahasa Indonesia (PBI) Drs. Pidekso Adi, M.Pd, Pembina HMD Bahasa Indonesia Cicik Tri Jayanti, S.Pd, M.A., serta jajaran pengurus HMD Bahasa Indonesia. Rapat persiapan tersebut diselenggarakan di Gedung Graha Rektorat lantai 5 pada Rabu (22/06/2022).

Rapat ini membahas tentang hal-hal yang harus dilakukan sebelum menyelenggarakan seminar nasional dengan menyelaraskan visi dan misi dari P2KBKU yang memiliki rencana menyelenggarakan stadium general untuk MKU Bahasa Indonesia. hal senada juga dengan HMD Bahasa Indonesia yang memiliki rencana menyelenggarakan seminar nasional dalam rangka perayaan bulan bahasa. Bulan bahasa yang umumnya diselenggarakan pada bulan Oktober merupakan serangkaian acara berupa seminar nasional, lomba, juga pentas seni untuk memeriahkan sekaligus mendobrak generasi muda agar lebih mengenal dan mencintai bahasa Indonesia. Oleh karena itu, koordinasi dalam rapat ini dirasa sangat penting dilaksanakan untuk mewujudkan visi dan misi yang sama dari stadium general MKU Bahasa Indonesia P2KBKU dan seminar nasional HMD Bahasa Indonesia.

Kepala P2KBKU, Dr. Khusairi, M.Pd., dalam sambutannya menjelaskan bahwa P2KBKU selama ini lebih sering menyelenggarakan stadium general secara daring dikarenakan kondisi pandemi Covid-19 yang belum stabil. “ keadaan saat ini sudah menuju normal sehingga kegiatan bisa dilaksanakan secara hybrid untuk memberikan kesempatan kepada mereka yang tidak bisa hadir pada tempat utama agar dapat mengikuti stadium general yang dijadikan satu dengan seminar nasional HMD Bahasa Indonesia,” ujarnya.

Seminar nasional ini diharapkan mampu mewakili dua kepentingan sekaligus agar turut memeriahkan bulan bahasa. Selain itu, kolaborasi ini juga bertujuan membranding UM khususnya saat perayaan bulan bahasa dengan menyelenggarakan event besar-besaran. Harapan ke depannya peserta seminar nasional dapat memahami dan memiliki semangat untuk mempelajari bahasa Indonesia yang baik dan benar sekaligus bersemangat dalam mempraktikkannya pada kehidupan sehari-hari.

Nahdiatul Affandiah -Internship Humas UM