image_pdf
Rektor UM Prof. Dr. Hariyono, M.Pd.

Rektor beserta jajaran dan Tim Green Campus Universitas Negeri Malang (UM) antusias mengikuti pengenalan dan penilaian awal UI GreenMetric pada Selasa (22/08). Pertemuan dengan agenda pengenalan dan penilaian awal UI GreenMetric ini diselenggarakan secara daring melalui Zoom sebagai langkah persiapan untuk mengikuti penilaian yang lebih mendalam. 

UI GreenMetric merupakan sebuah inisiatif yang telah memiliki reputasi internasional dengan tujuan untuk mengukur dan mengevaluasi upaya universitas dalam menciptakan kampus yang ramah lingkungan dan berkelanjutan. Hal tersebut selaras dengan UM yang terus berkomitmen untuk menjaga lingkungan dan mendorong kesadaran akan isu-isu lingkungan kepada sivitas akademika. 

Ketua UI GreenMetric, Prof. Dr. Ir. Riri Fitri Sari, M.M., M.Sc.

Ketua UI GreenMetric, Prof. Dr. Ir. Riri Fitri Sari, M.M., M.Sc. menyambut hangat komitmen UM dalam mewujudkan green campus dengan mengikuti UI GreenMetric. 

“Kami ucapkan selamat kepada Universitas Negeri Malang (UM) yang kali ini bersama kami berdiskusi mengenai program-program green campus dan sustainable campus melalui UI GreenMetric bersama para asesor kami,” ujar Prof. Riri. 

Merespon pernyataan tersebut, Rektor UM Prof. Dr. Hariyono, M.Pd., menjelaskan komitmen dalam mewujudkan green campus di UM. 

“Saat ini, UM memiliki komitmen untuk menjadi kampus yang sehat dan mencerdaskan. Tentu kampus yang sehat harus memiliki manajemen yang sehat, ekonomi yang sehat, dan lingkungan sosial yang sehat. Dari komponen kampus sehat itulah proses pendidikan akan berjalan maksimal,” papar Guru Besar Sejarah Politik itu. 

Tidak hanya itu, Prof. Hariyono juga memaparkan mengenai berbagai program green campus yang telah diimplementasikan di UM.

“Kami telah melakukan penataan laboratorium, pengembangan riset air hujan menjadi air minum, pengelolaan sampah yang tepat, peningkatan riset dosen, mahasiswa, dan tenaga kependidikan, serta penyusunan masterplan kebijakan rektor mengenai pengelolaan sampah berkelanjutan dengan melibatkan sivitas akademika UM,” jelasnya. 

Lebih lanjut, Rektor UM menekankan pentingnya sinergi dan kolaborasi dalam upaya mewujudkan green campus di UM. 

“Itu semua tidak akan tercapai jika tidak dilakukan dengan sinergi dan kolaborasi yang serius dengan berbagai pihak salah satunya dengan UI GreenMetric yang telah memiliki marwah yang cukup kuat dalam membangun kampus yang sehat,” ungkap Prof. Hariyono. 

UM terus berupaya untuk menjaga kelestarian lingkungan kampus dan menciptakan dampak positif bagi masyarakat sekitar. Oleh karena itu, besar harapan agar para asesor UI GreenMetric dapat memberi masukan yang berharga guna peningkatan kualitas green campus di UM. 

“Kami berharap Bapak/Ibu asesor berkenan memberikan masukan kepada UM sehingga tidak sekadar administrasi saja, tetapi juga aksi nyata dalam melestarikan lingkungan terutama lingkungan kampus,” tandasnya. 

Pewarta: Paundra Wangsa Fajar Kusuma – Internship Humas UM

Editor: Luthfi Maulida Rochmah