image_pdf

Setelah sukses dengan UM Student-Parent Entrepreneur (UM Super) Batch l, UM kembali menggelar UM Super Batch ll. Kegiatan ini resmi dibuka pada Rabu (30/08/2023) dengan tajuk “Kick Off UM super batch ll 2023″. Kegiatan ini berlangsung di Ruang Aula lantai 9 Graha Rektorat Universitas Negeri Malang (UM) dengan dihadiri oleh Rektor UM, WR 1, Direktur Kemahasiswaan dan Alumni, Direktur Data dan Informasi, Pemeringkatan, Hubungan Masyarakat, dan Kerja Sama, perwakilan Bank Mitra UM, mahasiswa serta perwakilan orang tua peserta UM Super Batch ll. 

Mengalami perkembangan, UM Super Batch ll kembali bekerjasama dengan bank-bank kredibel. Setelah pada Batch l bekerjasama dengan 5 bank, maka pada Batch ll ini UM bekerjasama dengan 7 bank yang berkredibilitas. 7 bank tersebut meliputi bank Jatim, BNI, Mandiri, BTN, BRI, BSI Syariah, dan CIMB Niaga. Bahkan pada Batch ll ini usaha yang dikembangkan berjumlah 212. UM Super ini menjadi salah satu ajang yang membanggakan serta bermanfaat bagi banyak pihak. Bahkan testimoni dari mahasiswa yang menjadi bagian dari UM Super Batch 1 cukup membawa kebahagiaan bagi banyak pihak.

Overview yang sudah kita lakukan di batch l, ada yang mengalami perubahan yang sangat luar biasa. Pada awal program, kami menemukan adanya mahasiswa yang sebelum mengikuti UM super batch l mengalami kesulitan keuangan, ternyata setelah mengikuti UM super mengalami perubahan. Kini mahasiswa tersebut sudah menjadi entrepreneur muda. Ini adalah hal yang membanggakan, selain menjadi mahasiswa mereka juga sudah mendapatkan pekerjaan secara pribadi.” ujar Direktur Kemahasiswaan dan Alumni, Dr. Heny Kusdiyanti, S.Pd., M.M.

Dalam kesempatan yang sama, Rektor UM  menyampaikan bahwa UM Super menjadi bagian dari ajang silaturahmi yang diharapkan mampu memunculkan perjumpaan ide kreatif serta inovatif yang kemudian mampu mengembangkan usaha-usaha yang dimiliki mahasiswa bersama orang tuanya. 

“Adik-adik bisa belajar dari Ki hajar Dewantara, beliau mengatakan bahwa pendidikan yang utama dan pertama adalah keluarga.” ujar Rektor UM, Prof. Dr. Hariyono , M.Pd. 

Rektor UM memberikan penjelasan bahwa dari keluargalah lahir usaha-usaha, serta tugas seorang anak adalah mengupayakan kemajuan usaha keluarganya. Tak lupa beliau memberikan penegasan bahwa kesuksesan suatu usaha bukanlah hasil keturunan genetik. Prof. Hariyono memberikan dukungan serta menyuntikkan kepercayaan diri bagi para mahasiswa peserta UM Super Batch ll. 

“Tidak perlu minder, karena jika belajar dari konsep pewarisan kromosom yang disampaikan oleh Mendel, kewirausahaan bukan warisan biologis. Jika orang tuamu pengusaha besar dan anda tidak mau belajar, maka belum tentu anda bisa menjadi pengusaha yg besar. Demikian juga sebaliknya, walaupun orang tua anda pengusaha kecil, tetapi ketika anda memiliki ide, keuletan, kreasi, maka anda berkemungkinan menjadi pengusaha yang besar.” terang Prof. Hariyono

Rektor UM senantiasa memberikan penguatan-penguatan serta dukungan penuh bagi para peserta UM Super Batch ll. Ucapan terima kasih juga dihaturkan kepada seluruh pihak yang terlibat. Tak tertinggal, deretan sosok hebat yang tidak memiliki latar belakang atau privilege  kaya raya dan telah mencapai kesuksesan turut disebutkan oleh rektor UM. 

“Mari meyakinkan diri bahwa yang namanya pengusaha itu bukan warisan biologis, tapi itu adalah proses warisan sosial yang harus kita pelajari.” tegas Prof. Dr. Hariyono , M.Pd. 

Rektor UM juga menyampaikan bahwa jika kegagalan itu tidak boleh dikaitkan dengan nasib, keturunan, dan sebagainya. Beliau meminta agar mahasiswa menjadi generasi muda yang gigih dan berkualitas serta berani untuk bermimpi dan mewujudkannya. Rektor UM juga berharap usaha yang dibangun mampu menciptakan lapangan pekerjaan bagi manusia yang lainnya. 

“Saya ingin adik-adik memiliki imajinasi, memiliki mimpi bahwa mungkin kita berasal dari keluarga usaha kecil, usaha menengah, tetapi berkat ketekunan serta berkat imajinasi adik-adik, kalian bisa menjadi pengusaha yang besar dan bahkan mampu memberikan ruang kerja bagi orang lain,” tandas Prof. Dr. Hariyono, M.Pd.

Pewarta : Zanadia Manik Fatimah – Internship Humas UM

Editor: Luthfi Maulida Rochmah